Home Kabupaten Purbalingga Pendekatan Hukum dan Kesehatan Untuk Berantas Narkoba

Pendekatan Hukum dan Kesehatan Untuk Berantas Narkoba

515
0
Plt. Bupati Purbalingga Tiwi saat memimpin Upacara Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional, Kamis (12/7).

PurbalinggaNews – Pemberantasan narkoba harus dilakukan dengan cara pendekatan hukum dan kesehatan. Hal tersebut tertuang dalam sambutan resmi Menko Polhukam (Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan) yang dibacakan Plt. Bupati Purbalingga pada saat upacara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di halaman Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Kamis (12/7).

Menurut Menko Polhukam, pendekatan secara hukum tidak bisa serta merta dapat memberantas narkoba secara menyeluruh. Perlu adanya langkah lain seperti rehabilitasi dan bimbingan kesehatan bagi warga masyarakat agar terhindar dari narkoba. Dalam sambutan tersebut juga terdapat ajakan untuk seluruh warga negara Indonesia untuk berperan aktif ikut memberantas narkoba karena narkoba termasuk kejahatan luar biasa.

BACA JUGA   Wagub Taj Yasin Serahkan Beberapa Bantuan di Banjarsari

“Narkoba sudah menjadi proxy war bagi bangsa asing untuk mengahncurkan generasi penerus bangsa. Maka dari itu kami mengajak seluruh warga Indonesia untuk berperan aktif dalam pemberantasan kejahatan narkoba,” katanya.

Lebih lanjut, sambutan tersebut memaparkan narkoba harus diberantas dari hulu hingga hilir sehingga bonus demografi 2030 tidak akan tergerus dan digerogoti oleh narkoba. Pemberdayaan masyarakat secara optimal harus segera dilakukan agar narkoba tidak mendapat tempat di Indonesia. Jika warga negara Indonesia sehat dan bebas narkoba maka akan tercipta generasi unggul yang siap bersaing di kancah global.

“Jika pemberantasan narkoba bisa optimal, maka akan tercipta generasi yang unggul yang siap bersaing di kancah dunia,” tambahnya.

BACA JUGA   PURBALINGGA - WTP : Prestasi Pemerintah Untungkan Masyarakat

HANI seharusnya diperingati tanggal 26 Juni lalu. Namun di seluruh Indonesia dilaksanakan pada hari ini karena pada bulan Juni lalu banyak agenda nasional yang tidak bisa dikesampingkan seperti hari raya Idul Fitri dan Pilkada serentak. Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga, Istantiyono beberapa waktu lalu menyampaikan apresiasia kepada semua pihak khususnya jajaran Pemkab Purbalingga yang telah ikut serta memberantas narkoba.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Purbalingga yang telah ikut membantu memberantas narkoba di Purbalingga. Bahkan kami diberi fasilitas tanah yang sekarang menjadi kantor BNNK adalah tanah milik Pemkab Purbalingga,” ujar Istantiyono.

Selain upacara, rangkaian acara peringatan HANI juga akan diselenggarakan resepsi pada malam harinya yang diisi dengan penyuluhan serta hiburan tembang kenangan. Dan pada minggu 15 Juli mendatang juga akan ada acara di GOR Goentoer Darjono yang diisi dengan orasi anti narkoba serta berbagai macam acara pendukung. (KP-4)

BACA JUGA   Tenaga Kesehatan diminta Berikan Pelayanan Terbaik