Home Kabupaten Purbalingga Penerima Bantuan Ayam KUB, Terima Pelatihan

Penerima Bantuan Ayam KUB, Terima Pelatihan

1563
0
Mentor sedang memberikan pelatihan budidaya ternak ayam KUB

PurbalinggaNews, Sebanyak 25 orang penerima manfaat bantuan ternak Ayam Kampung Unggul Balitbang (AKUB) Desa Sangkananyu Kecamatan Mrebet, menerima pelatihan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah. Pelatihan dilakukan di Balai Desa Sangkananyu, Kamis (24/5).

Peneliti Utama Budidaya Ternak pada BPTP Balitbangtan Jawa Tengah, Subiharto mengatakan kegiatan pelatihan merupakan tindak lanjut program Bedah kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dari Kementrian Pertanian (kementan) RI yang berbasis pertanian.  Desa Sangkanayu merupakan salah satu desa dari 1000 desa 100 Kabupaten di Indonesia yang ikut dalam program Bekerja.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman, menyerahkan langsung secara simbolis sebanyak 475.000 (empat ratus tujuh puluh lima ribu) ekor Ayam KUB yang pemberiannya dilakukan secara bertahap kepada untuk 810 Kepala Keluarga (KK). Selain memberikan bantuan 30 ekor kambing dengan kualitas unggul, bibit pisang unggul dan bibit duren.

“ Agar bantuan untuk kesejahteraan keluarga penerima maka perlu dilakukan pelatihan budidaya yakni bagaimana melakukan pemeliharaan, pemberian pakan dengan kompisisi yang baik, pengobatan dalam hal ini penanganan penyakit ayam serta penjualannya.  Bantuan tidak boleh dijual sebelum bertelur dan dibudidayakan,” katanya.

Subiharto berharap bantuan Kementan RI tersebut bisa bermanfaat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dan berefek domino bagi masyarakat sekitar. Sehingga kemiskinan di Desa Sangkanayu bisa berkurang, kesehatan meningkat, pendidikan meningkat sehingga indeks pembangunan masyarakat (IPM) juga meningkat. (PI-2)