Home Kabupaten Purbalingga Penghargaan Bagi Veteran, Bupati Bakal Renovasi Tugu Perjuangan Blater

Penghargaan Bagi Veteran, Bupati Bakal Renovasi Tugu Perjuangan Blater

460
0

PurbalinggaNews – Bupati Purbalingga Tasdi berjanji akan melakukan renovasi terhadap Monumen Tugu Perjuangan di Desa Blater Kecamatan Kalimanah. Tugu Perjuangan itu menjadi simbol perjuangan para veteran pada pertempuran di Blater 31 Juli 1947 dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

“Sebagai penghargaan kepada para pejuang, nanti Tugu Blater kita cek dulu. Kalau memungkinkan segera kita bangun. Intinya keinginan para veteran sudah saya tangkap,” katanya saat menghadiri Peringatan Hari Veteran dan HUT PIVERI di Operation Room Graha Adiguna, Senin (15/8/2016).

Pada tahun ini, lanjut Bupati, Pemkab Purbalingga akan merenovasi Tugu Bancar yang ada di Bunderan Kodim dengan alokasi anggaran Rp 1 miliar. Nantinya tugu yang saat ini berada di area Taman Maerakaca akan digeser kembali ke tempat semula di tengah bunderan Kodim, tegak lurus dengan Alun Alun. “Tahun ini sudah dianggarkan dan akan segera dibangun. Tingginya (tugu-red) 17 meter dengan dilengkapi taman dan air mancur,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Purbalingga, Kadisan meminta Bupati Tasdi untuk melakukan renovasi Monumen Perjuangan Blater. Menurut Kadisan, keberadaan tugu tersebut sangat bernilai sejarah karena terkait dengan perjuangan para tentara dan rakyat Purbalingga dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Tugu itu merupakan tugu perjuangan yang sangat bersejarah. Tapi sayang sampai saat ini kondisinya tidak terawat bahkan semakin tersembunyi dari pandangan mata. Saya mohon Pak Bupati berkenan merenovasi tugu itu, paling tidak bisa terlihat tinggi,” katanya.

Selain renovasi Tugu Perjuangan Blater, pihaknya juga meminta dukungan pengadaan kantor LVRI dan PIVERI, seragam, dan kendaraan operasional.

Bupati menambahkan, untuk kebutuhan LVRI dan PIVERI lainnya akan dipenuhi secara bertahap, menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki Pemkab. Khusus untuk kebutuhan gedung untuk kantor LVRI, bupati menyampaikan saat ini Pemkab tengah melakukan pendataan terkait akan adanya penataan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru. “Seragam nanti gotong royong ya. Yang lainnya kita penuhi secara bertahap,” tandasnya.

Bupati juga menyampaikan rasa bangga terhadap para veteran yang tak pernah luntur jiwa perjuangannya. Jiwa perjuangan dan nasionalisme para veteran ini yang akan terus digelorakan selama kepemimpinan Tasdi – Tiwi dalam membangun Purbalingga yang lebih baik. (Hardiyanto)