Home Kabupaten Purbalingga Peran Wanita Jangan Diremehkan

Peran Wanita Jangan Diremehkan

448
0

PurbalinggaNews – Peran wanita dalam berbagai bidang karya dan pengabdian serta  kesejajaran dengan kaum laki-laki tidak bisa diremehkan. Kondisi tersebut membuktikan bahwa kesejajaran  wanita dengan kaum laki-laki bukan lagi sebuah impian.

“Kondisi ini membuktikan kepada kita semua, bahwa peran wanita dalam berbagai bidang bukan lagi sebuah impian. Untuk itu jangan anggap remeh peran wanita,”kata Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purbalingga Suroto, saat membuka acara Pelatihan Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) Inti Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Purbalingga, Jumat (12/6/2015) di Ruang Graha Srikandi Kompleks Pendapa Dipokusumo.

Menurutnya kesejajaran wanita dengan laki-laki di berbagai bidang juga perlu diapresiasi. Salah satu peran wanita adalah dengan ikut mengabdi untuk kepentingan masyarakat bangsa serta Negara dan daerahnya menjadi anggota satlinmas.

“Kesejajaran wanita dengan laki-laki perlu diapresiasi, salah satu perannya adalah ikut mengabdi untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara adalah menjadi anggota satlinmas,”tuturnya.

Suroto menjelaskan bahwa Linmas adalah organisasi nasional serta rekrutmen anggotanya bersumber dari anggota masyarakat setempat dan dilaksanakan oleh desa/kelurahan.

“Tugas utama linmas melaksanakan kegiatan penanganan kebencanaan, guna mengurangi serta memeperkecil akibat bencana dan ikut memelihara kamtibmas juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan social masyarakat lainya,”jelasnya.

Untuk itu, kata Suroto, guna mengupayakan pelaksanaan tupoksi satlinmas secara optimal. Pembangunan serta penguatan linmas ditujukan peningkatan kapasitas (kemapuan) anggota, terpeliharanya ketahanan lingkungan serta pencegahan dini dan antisipasi kejadian bencana juga memperkecil akibat bencana.

“Selain itu linmas bersama-sama komponen aparat keamanan lainya berperan dalam memelihara kamtibmas dan perannya tak terpisahkan dari sistem pertahanan Negara,”katanya.

Suroto menandaskan, saat ini jumlah anggota satlinmas se-kabupaten Purbalingga adalah 5.236 orang terdiri 5216 laki-laki dan 20 perempuan serta tersebar di setiap desa/kelurahan di 18 kecamatan. Sedangkan salah satu agenda penting tahun 2015 adalah pelaksanaan pilkada. Sehingga peran linmas penting dan sangat strategis.

“Saat ini jumlah satlinmas se kabupaten Purbalingga sebanyak 5.236 orang, terdiri 5216 laki-laki dan 20 perempuan serta tersebar di setiap desa/kelurahan di 18 kecamatan tersebar. Dan tahun ini ada agenda pelaksanaan pilkada, dalam kaitan ini anggota linmas memiliki peran penting dan strategis, baik pada saat maupun menjelang mapun sesudahnya. Untuk itu setiap anggota linmas dituntut dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian serta dampak dari pesta demokrasi tersebut,”tandasnya. (Sukiman)