Home Kabupaten Purbalingga Peringati Hari Pahlawan, Bupati Dan Forkopimda Ziarah Ke TMP

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Dan Forkopimda Ziarah Ke TMP

385
0

PurbalinggaNews – Dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Ke-71 tanggal 10 November 2016 Tingkat Kabupaten Purbalingga, selain melaksanakan upacara bendera dengan inspektur upacara Bupati Purbalingga Tasdi yang diikuti Wakil Bupati (Wabup) Dyah Hayuning Pratiwi, pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Purbalingga para pelajar dan organisasi kemasyarakatan di halaman Pendapa Dipokusumo Kamis (10/11/2016).

 Usai pelaksanaan upacara, Bupati beserta Wabup dan pimpinan Forkopimda Kabupaten Purbalingga langsung menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Purbosaroyo Purbalingga untuk melaksanakan upacara ziarah dan tabur bunga.

Dengan ditandai peletakan karangan bunga oleh Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0702 Purbalingga Letnan Kavaleri Dedi Safrudin yang juga selaku inspektur upacara serta dilanjutkan  doa untuk mengenang para pahlawan yang gugur  dalam pertempuran 10 November 1945 di Kota Surabaya, acara diakhiri dengan tabur bunga diatas pusara pahlawan-pahlawan.

Usai acara upacara tersebut, Dandim 0702 Purbalingga Letnan Kavaleri Dedi Safrudin mengatakan, bahwa peringatan Hari Pahlawan tersebut adalah untuk merefleksikan diri seluruh elemen sebagai penerus generasi bangsa serta untuk meneladani apa yang sudah diberikan oleh pahlawan berupa pengorbanannya dalam rangka mencapai atau merebut kemerdekaan.

“Peringatan Hari Pahlawan ini adalah, bagaimana kita merefleksikan diri sebagai penerus generasi bangsa dan meneladani apa yang telah diberikan pengorbanan para pahlawan dalam rangka merebut/mencapai kemerdekaan,”tuturnya.

Menurut Dandim,  sebagai penerus bangsa tentunya dengan peringatan 10 November tersebut harus mempuyai daya juang yang tinggi, pengorbanan yang besar serta pengabdian juga cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI). Hal tersebut  dilakukan untuk melanjutkan pembangunan sebagai NKRI yang telah direbut oleh para pahlawan pendahulu. Sedangkan tabur bunga adalah media untuk mendoakan selaku generasi bangsa agar arwah mereka mendapat tempat mulya di sisi Tuhan, karena berdiri serta tegaknya bangsa adalah jasa para pahlawan.

“Tabur bungan adalah untuk mendoakan, sebagai generasi penerus bangsa  kita mendoakan agar arwah pahlawan diterima dan mendapatkan tempat yang mulya di sisi Allah Subhanahuwata’ala dan kita harus mengingat bahwa bangsa ini bisa tegakk berdiri karena jasa para pahlawan,”ujarnya. (Sukiman)