Home Kabupaten Purbalingga Peringati Isro’ Mi’roj, 5000 Umat Islam Padati Pendopo Dipokusumo

Peringati Isro’ Mi’roj, 5000 Umat Islam Padati Pendopo Dipokusumo

398
0

PurbalinggaNews, 5000 umat Islam secara khusuk memadati Pendopo Dipokusumo untuk mengikuti pengajian akbar dalam rangka memperingati Isro’ Mi’roj 1436 Hijriah, Minggu malam (3/4). Umat Islam ini berasal dari seluruh pelosok kecamatan di wilayah Purbalingga. Peringatan berlangsung setiap tahun dan dilaksanakan oleh Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Purbalingga.

Ketua PHBI yang juga Kepala Kementria Agama, Rochiman mengatakan tujuan diadakannya peringatan Isro Mi’roj ada empat. Pertama untuk meningkatkan kemimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kedua memupuk ukuwah islamiah, ukuwah watoniah dan ukuwah bazariah.

Ketiga untuk mendirikan sholat sebagai sarana untuk membentuk karakter ahlakulkarimah menuju Purbalingga emas. “Keempat untuk meningkatkan wawasan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW, dengan harapan dapat meneleladani beliau dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Rochiman

Rochiman menambahkan dalam peringatan ini juga disemarakan dengan kedatangan grup kosidah Asbabul Mustifa dari Kecamatan Karanganyar dan grup hadroh Pondok Pesantren At-Tauhidyyah, Cikura Kabupaten Tegal.  Dengan Pembicara KH Ahmad Saidi pengasuh Ponpes At-Tauhidyyah.

Rochiman berharap dengan adanya peringatan ini umat Islam dapat mengambil hikmah, barokah dan dan manfaat ilmunya. Sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto mengatakan sangat gembira dengan memludaknya jama’ah pengajian. Hal tersebut menandakan umat Islam di Purbalingga masih mempunyai nilai-nilai keimanan yang tinggi. Bupati berharap pada peringatan ini dapat mempertebal keimanan kepada Allah SWT. Meyakini kebenaran atas risalah kenabian Nabi Muhammad SAW.

“Selama 5 tahun peringatan Isro’Mi’roj kali ini jama’ahnya paling banyak, ini bertanda bahwa ahlkaq kita semakin baik,” ujar Sukento.

Sukento juga menambahkan dengan peringatan Isro’ Mi’roj kita bisa mengambil hikmah untuk menuju jalan lurus. Yakni jalan yang terang benderang , jalan yang di ridloi oleh Allah SWT.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkompinda Purbalingga, Kepala Badan/dinas, kepala Bagian, Camat dan Lurah se Kabupaten Purbalingga, serta para ta’mir masjid.  Tema peringatan Isro’ Mi’roj kali ini adalah sholat membentuk ahlakuk karimah dalam menuju Purbalingga Emas. (Sapto Suhardiyo)