Home Kabupaten Purbalingga Perpusda Purbalingga Luncurkan Layanan Pesan Antar

Perpusda Purbalingga Luncurkan Layanan Pesan Antar

507
0

PurbalinggaNews  – Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga terus mengembangkan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengakses pelayanan perpustakaan secara lebih luas dan mudah. Salah satunya dengan di operasikannya mobil pelayanan perpustakaan sebagai sarana pesan antar bagi anggota perpustakaan yang akan meminjam buku-buku koleksi perpustakaan.

“Mobil ini untuk memberikan pelayanan  kepada masyarakat terutama bagi masyarakat yang memang tidak bisa hadir di perpustakaan. Sehingga pelayanan kita bisa menjangkau hingga tingkat desa. Ini untuk pesan antar,” ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Sidik Purwanto, usai Apel Pagi PNS jajaran Pemkab Purbalingga yang dipimpin Bupati Tasdi di Halaman Pendapa Dipokusumo, Senin (22/2/2016).

Dalam kegiatan pertama Bupati H Tasdi SH MM dan Wabup Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon (Tiwi) paska dilantik 17 Februari lalu oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KPAD Purbalingga meluncurkan layanan pesan antar melalui pengoperasionalan mobil Perpustakaan Keliling dan memberikan kartu anggota kepada Bupati dan Wabup.

Nantinya, lanjut Sidik, mobil layanan perpustakaan ini akan didukung dengan pengoperasian web  KPAD berbasis kependudukan. Melalui web yang baru akan beroperasi Maret mendatang, masyarakat dapat mengakses koleksi perpustakaan secara online, kemudian bukunya akan diantar oleh petugas ke alamat peminjam.

Selain untuk keperluan pesan antar, mobil tersebut juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meminjam koleksi buku bacaan yang ada di dalamnya. Mobil tersebut dilengkapi komputer jaringan sehingga memungkinkan untuk mengakses langsung ke server administrasi dan koleksi buku di perpustakaan. “Masyarakat juga bisa mendaftar menjadi anggota perpustakaan melalui mobil ini. Sayangnya kartu anggota belum bisa dicetak langsung. Harus dicetak di kantor perpustakaan,” jelasnya.

Bupati Tasdi dan Wabup Tiwi langsung memanfaatkan kartu anggota yang baru diterima untuk meminjam koleksi buku perpustakaan. Tasdi yang dikenal kental dengan gaya politik Bung Karno, meminjam buku berjudul Sukarno, Biografi Politik yang ditulis oleh John D Legge. Sedangkan Wabup Tiwi memilih buku tentang Jokowi.

“Mobil ini silahkan digunakan untuk melayani masyarakat agar masyarakat bertambah wawasan dan cerdas. Saya suka membaca buku ini (Sukarno, Biografi Politik-red) agar revolusioner dalam memimpin Purbalingga,” kata Tasdi.

Bupati dan Wabup juga mendapat penjelasan bahwa dioperasikanya mobil layanan tersebut dapat menjangkau masyarakat di pedesaan seperti masyarakat di kecamatan Rembang, Karangreja, Karangjambu dan Karangmoncol yang jauh dari layanan perpustakaan umum.

Nantinya, KPAD bahkan akan mengembangkan layanan perpustakaan online yang dapat diakses menggunakan smartphone dan android.  (Hardiyanto)