Home Kabupaten Purbalingga Peserta JTTM 2018 Rasakan Sensasi Tubing di Tanalum

Peserta JTTM 2018 Rasakan Sensasi Tubing di Tanalum

929
0
Peserta Jawa Tengah Travel Mart (JTTM) 2018 merasakan sensasi derasnya jeram di Curug Karang, Rabu (25/4).

PurbalinggaNews – Peserta Jawa Tengah Travel Mart (JTTM) 2018 merasakan sensasi derasnya jeram di Curug Karang, Rabu (25/4) di desa Tanalum, Kecamatan Rembang. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara JTTM yang dipelopori Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dimulai 24-26 April yang kali ini dipusatkan di dua Kabupaten yaitu Purbalingga dan Banyumas. Salah satu pengelola Curug Karang, Desa Wisata Tanalum, Rohatun mengatakan, pihaknya sangat senang dengan datangnya rombongan dari ASPPI itu. Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada dinas terkait yaitu Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata yang telah memilih Tanalum sebagai destinasi JTTM dari ASPPI.

“Kami senang karena akhirnya kami yang dipilih sebagai salah satu tempat destinasi sehingga bisa menjadi ajang promosi bagi desa kami,” katanya.

Desa wisata Tanalum mempunyai unggulan berupa tubing (mengarungi jeram menggunakan ban dalam mobil) menyusuri sungai yang berhulu di curug karang. Salah satu peserta JTTM dari Semarang, Anang Suhendra menuturkan, sungai di desa Tanalum sangat memacu adrenalinnya dan dia sangat menikmati kegiatan itu.

“Purbalingga ternyata menyimpan potensi yang tersembunyi. Tak hanya wisata buatan buatan seperti Owabong yang memesona, akan tetapi wisata seperti di Tanalum ini sangat direkomendasikan,” tutur Anang.

Setelah menikmati sensasi derasnya sungai, para peserta dijamu dengan makanan khas pedesaan seperti ubi rebus, jagung manis rebus, pisang goreng dan air kelapa muda yang langsung dipetik dari pohonnya. Kegiatan tersebut tentu saja dapat menambah income bagi warga sekitar serta mengurangi pengangguran.

JTTM adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh ASPPI. ASPPI adalah sebuah organisasi pelaku usaha yang terdiri dari banyak latar belakang seperti pengusaha restoran, biro perjalanan, hotel yang tentu saja bergerak untuk melayani pariwisata.Ketua DPD ASPPI Jawa Tengah, Robertus memaparkan, kegiatan semacam itu bertujuan untuk mengenalkan serta memajukan potensi wisata yang belum banyak diketahui orang khususnya di Jawa Tengah. Dia berharap dari kegiatan itu akan munculnya stimulus kunjungan yang signifikan sehingga multi effectplier bagi masyarakat akan terasa secara nyata.

“Semoga kegiatan semacam ini bisa menjadi ajang promosi serta perkenalan khususnya bagi tempat-tempat wisata yang belum banyak diketahui. Hal ini penting karena kami berharap manfaat akan dirasakan semua masyarakat,” pungkasnya. (PI-8)