Home Kabupaten Purbalingga PGRI Purbalingga akan Luncurkan 125 Judul Buku

PGRI Purbalingga akan Luncurkan 125 Judul Buku

592
0
Ketua PGRI Purbalingga, Sarjono

PurbalinggaNews—Persatuan Guru Republik Indonesia  (PGRI) Kabupaten Purbalingga terus gencar memotivasi para guru untuk gemar menulis. Dijadwalkan, 125 judul buku hasil karya para guru di Purbalingga  akan diluncurkan oleh Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ, di Pendopo Dipokusumo, Senin (1/10), usai peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Yang menarik, bahkan ada buku karya siswa juga ikut diluncurkan pada kegiatan itu. Brillianti Ardelia Sahda, siswi Klas  6  SDN 2 Kemangkon,  Kab. Purbalingga ,menulis buku kumpulan puisi,  berjudul : Lonceng Puisiku. Buku ini berisi puisi-puisi tentang harapan, motivasi, dan pengalaman Brillianti.

Ketua PGRI Purbalingga, Sarjono, S.Pd,M.Si yang juga  ketua panitia peluncuruan buku menaruh apresiasi yang tinggi atas kreativitas dan semangat para guru dalam menulis buku.

“Setelah kami menggelar dua kali pelatihan menulis buku,yang diikuti 430 peserta, kini mereka terus berkarya. Tidak hanya menulis satu buku, bahkan ada yang sudah menulis sampai empat buku.Ini bukti bahwa jika guru dimotivasi dan diberi ruang untuk berkarya, maka mereka bisa mengmbangkan diri ,”  ujar Sarjono  di Kantor PGRI Purbalingga, Selasa (25/9/2018).

Sarjono mengatakan, buku-buku yang akan diluncurkan (dilaunching) berisi berbagai bidang. Diantaranya, ilmiah populer, antologi puisi,cerpen, cerita cekak, kajian keagamaan, autobiografi, buku pengayaan, dan buku penunjang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Mereka yang menulis buku-buku itu, sambung Sarjono, dari kalangan guru PAUD, TK,SD,SMP dan SMA/MA/SMK .

Sarjono berharap, setelah diluncurkan, buku-buku hasil karya para guru itu dikenal luas masyarakat. Dan kepada sekolah-sekolah di  Purbalingga, diminta untuk membeli buku-buku itu melalui alokasi dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Upaya sekolah membeli buku-buku karya para guru di Purbalingga ini,sekaligus sebagai tindak lanjut dari kampanye gerakan literasi yang kini terus digelorakan. (PI-2)