Home Kabupaten Purbalingga Plt Bupati Pemantauan Pelayanan E-KTP di Dindukcapil

Plt Bupati Pemantauan Pelayanan E-KTP di Dindukcapil

833
0
Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon memantau pelayanan pencatatan data kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga, Rabu (13/6).

PurbalinggaNews – Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon, Rabu (13/6) memantau pelayanan pencatatan data kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga. Sesuai dengan komitmen yang ditetapkan sebelumnya bahwa pelayanan kehususnya perekaman e-KTP terus dilakukan sekalipun pada hari libur.

Pada saat pantauan, kondisi kantor Dinpendukcapil tidak begitu ramai. Kepala Dindukcapil Purbalingga, Imam Sudjono mengatakan sepinya kunjungan hari ini disebabkan beberapa hal. “Bisa jadi banyak yang mengira kami sudah libur, padahal masih buka. Bisa juga banyak yang melakukan perekaman di tingkat kecamatan. Sejauh ini sosialisasi sudah kami lakukan baik di tingkat kecamatan hingga desa,” kata Imam.

Imam menerangkan, tiap hari sebanyak 10 petugas Dindukcapil akan bekerja dengan sistim piket bergantian dengan petugas lainnya. Imam juga menegaskan, pada saat libur lebaran Dindukcapil Purbalingga memberikan pelayanan untuk semua urusan kependudukan yang meliputi kartu keluarga, akta kelahiran atau kematian, surat pindah, perekaman E-KTP maupun administrasi lainnya.

Dari data Dindukcapil Kabupaten Purbalingga, masih ada sebagian warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tetapi belum melakukan perekaman. Diperkiraan mereka yang belum melakukan perekaman adalah warga yang merantau di daerah lain.

“Paling banyak perantau di sini itu di Karangmoncol, Bojongsari dan Rembang. Sekarang tinggal 6000-an warga yang belum melakukan perekaman. Kami masih menunggu, tinggal kemauan mereka saja untuk datang,” papar Imam kepada Plt Bupati Tiwi.

Plt Bupati Tiwi berpesan agar pelayanan urusan pencatatan kependudukan ini dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. “Biar bagaimanapun momentum lebaran ini merupakan kesempatan langka dari warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Disamping itu juga kebutuhan pencatatan kependudukan ini di mata masyarakat sangat penting oleh karena itu saya titip agar pelayanan nanti dilaksanakan sebaik-baiknya,” katanya. (Gn/Humas)