Home Kabupaten Purbalingga Plt. Bupati Pembina Upacara Timbang Terima ETK Tahun 2018 Dari Kwarcab Banyumas

Plt. Bupati Pembina Upacara Timbang Terima ETK Tahun 2018 Dari Kwarcab Banyumas

761
0
Upacara timbang terima di Kompleks Balai Desa Karangpule Kecamatan Padamara dari Kwarcab Banyumas yang datang dari Kecamatan Kembaran (Banyumas), Kamis siang (06/09).

PurbalinggaNews – Estafet Tunas Kelapa (ETK) Tahun 2018 Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah kembali melaksanakan upacara timbang terima di Kompleks Balai Desa Karangpule Kecamatan Padamara dari Kwarcab Banyumas yang datang dari Kecamatan Kembaran (Banyumas), Kamis siang (06/09). Tunas kelapa dari pasukan pembawa dari Kwarcab Banyumas diserahkan kepada pasukan penerima dari Kwarcab Purbalingga dilaksanakan oleh Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. selaku pembina upacara dari pasukan penerima dari Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol. Inf. Wahyu Ramadhanus Suryawan, S.Sos. MMS. selaku pembina upacara pasukan pembawa ETK.

Sebelumnya dilaksanakan upacara timbang terima ETK Kwarcab Purbalingga tahun 2018 dari Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Kalimanah.  ETK Kwarcab Purbalingga tersebut telah menempuh perjalanan sebelumnya dari Desa Kedunglegok Kec. Kemangkon dan melaksanakan upacara timbang terima di Kelurahan Mewek Kec. Kalimanah dan di kompleks SDN 1 Klapasawit sebelum diterima oleh Kwarran Padamara di balai desa Karangpule.

BACA JUGA   Mantap, Kali Kedua Bidang Humas Pramuka Kwarcab Purbalingga Raih Predikat Tergiat Tingkat Kwarda Jateng

Menurut Wakil Ketua Kwarcab Purbalingga Bidang Humas Tri Gunawan Setyadi, SH.MH. yang juga Ketua Panitia Peringatan HUT ke 57 Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga, pasukan pembawa ETK akan menempuh perjalanan dari kompleks balai desa Karangpule menuju SMA Negeri 1 Padamara untuk melaksanakan upacara timbang terima sebelum pelaksanaan acara Saresehan Persemayaman ETK di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Purbalingga pada Kamis malam.

“Karena jarak dari balai desa Karangpule ke Sanggar Bhakti sekira 10 kilometer, maka sesuai ketentuan harus ada upacara timbang terima lagi di tingkat Kwarcab Purbalingga karena satu kali perjalanan ETK berjarak maksimal 5 kilometer. Setelah disemayamkan, esok harinya pada Jum’at (07/09) ETK akan melanjutkan perjalanan dari Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Purbalingga menuju ke Kabupaten Pemalang dan akan melaksanakan upacara Timbang Terima kepada Kwarcab Pemalang di Desa Gombong Kecamatan Belik Kab. Pemalang. Selanjutnya akan terus bergerak menuju pusat Peringatan Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 di Kabupaten Tegal,” jelasnya.

BACA JUGA   Soal Bayi Kembar BBLR, Wabup Prihatin dan Minta Aparat Kecamatan Punya Rasa Memiliki

Pada kesempatan itu, Plt. Bupati Tiwi yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa Estafet Tunas Kelapa ke-34 tahun 2018 merupakan ciri khas gerakan pramuka Kwartir Jawa Tengah yang mengandung filosofi memperkuat semangat Kebangsaan dan kemajuan pembangunan di Jawa Tengah.

Plt. Bupati Tiwi menyampaikan pesan Gubernur Jateng  kepada seluruh anggota Pramuka di Jawa Tengah agar selalu menggelorakan semangat anti narkoba, selalu memperkokoh semangat cinta Bangsa dan Tanah Air, sehingga Bangsa Indonesia bisa menjadi hebat dan berdikari, dan setiap anggota pramuka di Jawa Tengah harus menggelorakan semangat anti narkoba. Harus berani mengatakan tidak pada narkoba, jangan sekali-sekali mencoba, karena menurutnya, hal itu akan menjerumuskan pada jurang kenistaan dan keterbelakangan. Gubernur juga meminta agar setiap anggota pramuka memiliki semangat suci dalam pikiran dan perbuatan dan bisa memanfatkan waktu sebaik-baiknya untuk terus berkreasi, berkarya inovasi menggapai prestasi sejahtera dan berdikari.

BACA JUGA   Pramuka Tidak Boleh Cengeng Dan Putus Asa

“Gelorakan semangat bhineka tunggal ika dalam menyongsong hari esok bangsa yang berkarakter dan bermartabat melalui aktifitas gerakan pramuka,” kata Plt. Bupati Tiwi saat membacakan kesan dan pesan Majelis Pembimbing Kwarcab (Mabicab) Purbalingga. (t/humas)