Home Kabupaten Purbalingga Plt Bupati Purbalingga Siap Antar Jemput Calhaj Purbalingga

Plt Bupati Purbalingga Siap Antar Jemput Calhaj Purbalingga

646
0
Plt Bupati Tiwi saat menghadiri Silaturahmi/Halal Bihalal Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) kabupaten Purbalingga di Pendapa Dipokusumo, Sabtu (14/7)

PurbalinggaNews – Seperti komitmen pada pemberangkatan calon jamaah haji (calhaj) dua tahun terakhir, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Purbalingga Dyah H Pratiwi, SE, BEcon (Tiwi) mengaku siap mengantar dan menjemput calhaj kabupaten Purbalingga yang akan berangkat pada 12 Agustus mendatang. Hal itu disampaikan Plt Bupati Tiwi saat menghadiri Silaturahmi/Halal Bihalal Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) kabupaten Purbalingga di Pendapa Dipokusumo, Sabtu (14/7).

“Saya sendiri nanti akan mengantarkan para calon jamaah haji kabupaten Purbalingga ke embarkasi Donohudan Solo. Sekaligus pada saatnya akan menjemput saat para haji Purbalingga pulang dari tanah suci,” katanya.

Dikatakan Plt Bupati Tiwi, komitmen antar jemput jamaah haji sudah dilakukan sejak kepemimpinan Bupati Tasdi dan dirinya sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada calon jamaah haji di kabupaten Purbalingga. “Insyaalloh menurut data yang ada sebanyak 552 calon jamaah haji Purbalingga akan kita hantarkan keberangkatanya,” katanya.

BACA JUGA   Pemkab Purbalingga Siap Fasilitasi Pengembangan Bogar

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh H Ratmono, SPd, MPdI yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama menjelaskan tahun 2018 ini calon jamaah haji kabupaten Purbalingga mengalami penurunan jumlah dibanding tahun lalu. Hal itu disebabkan karena pengurangan kuota yang dikembalikan pada kuota normal.

“Tahun lalu kuota untuk Purbalingga sebanyak 813 jamaah, namun tahun ini hanya 555 jamaah. Dua orang diantaranya menunda keberangkatan dan 1 orang meninggal dunia. Sehingga yang dipastikan berangkat sebanyak 552 jamaah,” jelasnya.

Ratmono melanjutkan, keberangkatan jamaah haji kabupaten Purbalingga tahun ini juga mengalami perubahan pola. Jika tahun lalu ada satu kloter penuh diisi jamaah haji kabupaten Purbalingga, namun nanti harus berbagi dengan jamaah haji dari kabupaten Banjarnegara dan Banyumas.

BACA JUGA   Kasus Kematian Naik 280%, Ganjar Minta Warga Jangan Panik

Mereka, lanjut Ratmono, akan berangkat pada 12 Agustus 2018. Kloter 88 sebanyak 219 jamaah tergabung dengan jamaah kabupaten Banjarnegara dan kloter 89 sebanyak 333 jamaah bersama calhaj kabupaten Banyumas. “Jamaah kloter 88 sudah harus sampai di embarkasi haji Donohudan Solo pada pukul 08.00 WIB dan kloter 89 dua jam berikutnya yakni sekira pukul 10.00 WIB,” jelasnya.

Para jamaah haji Purbalingga akan langsung diberangkatkan menuju Bandara King Abdul Aziz pada 13 Agustus 2018. “Pulangnya, dijadwalkan pada 24 September 2018. Kloter 88 tiba di debarkasi pukul 11.35 dan kloter 89 pukul 13.35 WIB. Sehingga jamaah haji akan tiba kembali di Purbalingga pada malam harinya,” katanya.

BACA JUGA   Plt Bupati Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Nangkod

Acara silaturahmi juga dihadiri Wakil Ketua IPHI Provinsi Jawa Tengah KH Muhtar Hadi sekaligus mengisi hikmah silaturahmi.

Sementara Ketua IPHI Kabupaten Purbalingga Drs H Munir menuturkan, penyelenggaraan kegiatan IPHI di kabupaten Purbalingga semakin tahun menjadi semakin baik. Hal itu dibuktikan dengan diterimanya penghargaan tingkat nasional berupa IPHI Award dalam bidang pembinaan dan kordinasi.

Sebelumnya, IPHI Purbalingga juga sukses menyelenggarakan Rakerwil dan Harlah IPHI tingkat Jawa Tengah beberapa waktu lalu. “Alhamdulillah ada beberapa cabang juga mendapatkan IPHI Award,” pungkasnya. (Hr/humas)