Home Kabupaten Purbalingga Plt Bupati Wanti-Wanti 5 Sektor Rawan Korupsi

Plt Bupati Wanti-Wanti 5 Sektor Rawan Korupsi

545
0
Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon menyalami para ASN dalam Apel Kerja Pagi di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purbalingga, Senin (25/6).

PurbalinggaNews – Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon (Tiwi) berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Purbalingga untuk mewaspadai 5 sektor yang seringkali penyelewengan penggunaan anggaran. Hal itu disampaikan dalam Apel Kerja Pagi di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purbalingga, Senin (25/6).

Plt Bupati Tiwi merujuk pemberitahuan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ada 5 hal yang menjadi kewaspadaan rawan korupsi. Diantaranya pertama masalah penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pajak dan retribusi, hibah dan bansos kemudian perihal perjalanan dinas.

“Saya harap lima hal ini menjadi kewaspadaan bersama agar ke depan jangan sampai timbul permasalah  hukum yang menjerat ASN,” imbuhnya.

BACA JUGA   Jadi Kota Terbesar Kedua, Bupati Bakal Ubah Wajah Kota Bobotsari.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan Purbalingga ini sudah ditunjuk oleh KPK sebagai pilot project Perencanaan Rencana Aksi Pemberantasan Porupsi yang sudah dimulai pada tahun 2017 lalu. Ia berharap apa yang jadi action plan itu harus betul-betul dilaksanakan.

“Rencana aksi yang sudah direncanakan itu jangan hanya sebagai lipstick, jangan sebagai kamuflase. Artinya bagaimana rencana-rencana yang sudah dibuat harus betul-betul dipahami, harus betul-betul diimplementasikan,” tegasnya.

Terkait apa yang terjadi di Pemkab Purbalingga belakangan ini, diakui masih dalam kondisi penuh keprihatinan. Plt Bupati Tiwi harap hal tersebut jangan mengurangi semangat pelayanan.

“Kondisi apapun, situasi apapun, pelayanan publik harus tetap berjaan kejadian kemarin harus jadi pembelajaran. Termasuk untuk saya sendiri untuk senantiasa waspada. Mulai hari ini dan hari-hari yang akan datang mulai harus sesuai dengan aturan, sesuai ketentuan dan on the track,” katanya.

BACA JUGA   Bupati Minta Sikapi Keberadaan Ternak Babi Dengan Bijak

Posisi Kepala Bagian Layanan Pengadaan Diisi Oleh Asisten 2 Sekda

Terkait adanya hal yang berproses hukum kepada Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setda, otomatis terjadi kekosongan jabatan pada posisi tersebut. Oleh karena itu, Plt Bupati Tiwi menunjuk Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Drs Widiyono MSi sebagai pelaksana tugasnya.

Terkait perihal layanan pengadaan barang dan jasa Pemkab Purbalingga, Plt Bupati Tiwi berharap kedepan apa yang sudah terencana harus terlaksana sesuai dengan jadwal. “Jadi nanti kegiatan-kegiatan yang ada di layanan pengadaan harus tetap berjalan, agar pembangunan di Purbalingga tetap bisa berlanjut,” ungkapnya. (Gn/Humas)