Home Kabupaten Purbalingga Polres dan Kwarcab Purbalingga Adakan KMD

Polres dan Kwarcab Purbalingga Adakan KMD

623
0
Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi pamong Saka Bhayangkara di Sanggar Bhakti Pramuka Purbalingga, Jumat (20/4).

PurbalinggaNews – Sebagai upaya peningkatan kualitas pembinaan Satuan Karya (Saka) Bhayangkara, Kepolisian Resor (Polres) Purbalingga bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi pamong Saka Bhayangkara. KMD tersebut dilaksanakan selama satu minggu mulai 16 – 22/4 yang bertempat di lingkungan Sanggar Bhakti Pramuka Purbalingga.

“Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang dari masing-masing Polsek se Purbalingga dan diikuti juga oleh pamong saka dari Polres Purbalingga,” kata Kapolres Purbalingga, AKBP Nugroho Agus Setiawan saat membuka acara di Sanggar Bhakti Pramuka Purbalingga, Jumat (20/4).

Nugroho menjelaskan seiring dengan perkembangan zaman, peran anggota Saka Bhayangkara sangatlah dibutuhkan untuk turut berkontribusi membangun negeri. Maka, lanjutnya diadakannya KMD dimaksudkan dapat memunculkan pamong saka handal, berkualitas dan berkarakter.

BACA JUGA   Festival Rebana Tutup Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Santri

“Agar mampu membina dan menghasilkan kader-kader anggota Saka Bhayangkara yang berkompeten dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” ungkapnya.

Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab), Hartoyo menyampaikan untuk memenuhi harapan Kapolres Purbalingga, Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga melalui Pusdiklatcab memberikan materi-materi dasar guna membekali pamong Saka Bhayangkara. Materi dasar tersebut antara lain UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Penjabaran AD ART Gerakan Pramuka, Cara Membina dan Sistem Pamong, serta Menciptakan Kegiatan Menarik, Menantang dan Mendidik.

“Kami juga memberikan materi Pendidikan Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, Scouting Skill, Mengelola Satuan Pramuka, Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Pembina, serta materi kepramukaan lainnya,” jelas Hartoyo.

BACA JUGA   Pedagang Pasar Kutabawa Minta Pemdes Ambil Alih Pengelolaan Pasar

Lain hal, Pimpinan Kursus, Anto Kuswoyo menginformasikan materi yang diberikan tidak hanya sekadar teori saja, melainkan peserta diajak untuk belajar sambil mempraktekan. Selama KMD berlangsung, peserta mengikuti pembelajaran secara mandiri yang mana materi yang dipelajari mengemban prinsip dari mereka, untuk mereka dan oleh mereka.

“Pembelajaran yang dilakukan secara indoor dan outdoor, jadi mereka langsung mempraktekan materi yang didapat. Supaya lebih meresapi, peserta juga mensimulasikan materi yang didapatkan,” ujar Anto Kuswoyo.

KMD bagi pamong Saka Bhayangkara rencananya akan digelar secara rutin agar dapat memunculkan bibit-bibit pamong saka atau pembina yang berkualitas. Selain itu juga dapat mencetak pembina saka yang memiiki jiwa kepramukaan dan kepedulian untuk melahirkan generasi muda yang lebih baik.

BACA JUGA   Dua Tahun Nunggak STNK, Kendaraan Bisa Jadi Bodong

“Harapan kami ke depan para pamong khususnya Saka Bhayangkara lebih berkualitas dan berkarakter sehingga tujuan kamu mewujudkan generasi muda yang handal dan terbaik dapat tercapai,” pungkasnya di sela-sela kegiatan. (PI-7)