Home Kabupaten Purbalingga Posyandu Ngudi Rahayu 2 Desa Kalitinggar, Ikuti Lomba Posyandu Tingkat Jawa Tengah

Posyandu Ngudi Rahayu 2 Desa Kalitinggar, Ikuti Lomba Posyandu Tingkat Jawa Tengah

652
0
Pemberian Vitamin A oleh Posyandu Ngudi Rahayu 2, Desa Kalitinggar, Kecamatan Padamara, Rabu (9/8)

PurbalinggaNews – Posyandu Ngudi Rahayu 2 Desa Kalitinggar, Kecamatan Padamara akan mengikuti Lomba Posyandu Tingkat Jawa Tengah tahun 2018. Posyandu Ngudi Rahayu 2 menjadi juara terbaik pertama, mengalahkan 17 posyandu lainnya yang maju tingkat kabupaten Purbalingga.

Kabid Kelembagaan dan Kerjasama pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Erawati Takarina, mengatakan karena keberhasilan dan inovasi yang dilakukan tersebut, Posyandu Ngudi  Rahayu 2 berhasil tingkat kabupaten. Inovasi yang menonjol antarlain adanya nota kesepahaman dengan taman bacaan masyarakat “sinar cerah”  Desa Prigi, Kecamatan Padamara.

“ Yakni dengan melakukan kegiatan belajar bagi anak-anak usia dini pada hari buka posyandu setiap 3 bulan sekali yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan anak,” katanya saat pelaksanaan kegiatan pelayanan posyandu, Rabu (9/8).

BACA JUGA   Dicanangkan Sebagai Bulan Pancasila, Juni Ini Bakal Digelar Banyak Kegiatan

Inovasi yang lainnya, lanjut Era yakni mengupayakan peningkatkan pendapatan keluarga, terutama warga di sekitar posyandu. Yakni dengan memberikan kesempatan kepada warga yang memiliki usaha ekonomi bidang pangan untuk menjual produknya kepada para pengunjung posyandu saat posyandu buka.

“ Kemudian adanya kepedulian para pengusaha usaha ekonomi produktif di Desa Kalitinggar  dengan memberikan dukungan dana dalam bentuk pemberian makanan tambahan (PMT) bagi Balita, setiap bulannya,”tambahnya.

Dukungan, fasilitasi dan pembinaan dari Pemerintah Desa Kalitinggar tambah  Era terkait dengan sarana dan prasarana dan juga alokasi dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) berpengaruh terhadap kemajuan posyandu. Gedung Posyandu yang dibangun menjadikan sarana penting bagi keberlangsungan berbagai kegiatan posyandu di desa.

BACA JUGA   SMP N 1 Bobotsari Undang BNNK Purbalingga

Sedangkan Ketua Posyandu Ngudi Rahayu 2 Ny Widyastuti mengatakan kegiatan pelayanan secara rutin setiap bulan yaitu pada setiap hari Rabu minggu ke 2. Kegitan tersebut antarlain  penimbangan Balita, pencatatan, penyuluhan dan pemberian PMT balita serta pelayanan kesehatan.

“ Selain itu kita juga melakukan pertemuan kelompok Bina keluarga Balita (BKB), pemanfaatan tanah pekarangan (PTP) dengan warung hidup dan toga, penganekaragaman pangan, serta pelayanan pos lansia yang dilaksanakan secara rutin seiap bulan pada hari h+1 posyandu,” katanya. (PI-2)