Home Kabupaten Purbalingga Potensi Nanas Siwarak Dibantu Peralatan Pengolahan, Pelatihan Dan Pemasaran

Potensi Nanas Siwarak Dibantu Peralatan Pengolahan, Pelatihan Dan Pemasaran

728
0
Plt. Bupati Tiwi saat rangkaian kegiatan gebrak gotong royong bersama warga Desa Siwarak, Karangreja Senin (20/8).

PurbalinggaNews – Potensi nanas Desa Siwarak yang melimpah, menuntut para petani warga Desa Siwarak Desa Karangreja untuk mengolahnya menjadi komoditi yang diterima pasar. Olahan produk dari nanas tentunya membutuhkan pengetahuan dan tentu saja peralatan yang memadai, untuk itulah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga (Dinperindag) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 80 juta bantu peralatan pengolahan produk olahan nanas Desa Siwarak pada tahun 2018.

“Selain bantuan peralatan tentuan akan dibantu adanya pelatihan pengolahan produk dari nanas, selanjutnya untuk pemasaran akan kami bantu melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah sehingga nantinya produk olahan nanas Siwarak akan dikemas lebih bagus dan menjadi daya tarik dalam pemasarannya,” demikian disampaikan Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. saat kegiatan gebrak gotong royong bersama warga Desa Siwarak, Senin (20/8).

Dari keterangan Kepala Dinperindag Kabupaten Purbalingga Drs. Sidik Purwanto, olahan produk nanas Siwarak yaitu saos, sambal, kerupuk, manisan nanas, dodol dan berbagai olahan lainnya adalah potensi yang sudah semestinya dikembang tumbuhkan dan menjadi kewajiban Pemkab Purbalingga mempromosikan produk-produk unggulannya.

“Bantuan APBD tahun ini Rp 80 juta akan kami gunakan membeli alat-alat pengolahan, dan ke depan, kami akan buat rumah produk olahan jadi nantinya setelah diproduksi dan dikemas siap dipasarkan akan dikumpulkan di satu tempat sehingga memudahkan distribusi pemasaran produk yang sudah siap dijual,” kata Sidik.

Kegiatan yang dipusatkan di objek wisata Gualawa, mendapatkan antusiasme warga Siwarak yang sejak pagi bergotong-royong membuka akses jalan umum untuk warga yang melingkari area sebelah timur wisata Goalawa. Menurut Kepala Desa Siwarak Suratman, jalan umum tersebut berada di luar area wisata sehingga tidak mengganggu pariwisata Goalawa.

“Sebelum ke proses pengerasan jalan, terlebih dahulu telah kami sampaikan aspirasi permohonan bantuan untuk pembangunan talud jalan sepanjang 780 meter, mudah-mudahan di tahun 2019, bantuan tersebut bisa dialokasikan dan segera kami terima,” kata Suratman.

Terkait permohonan pembangunan talud dari Kades Siwarak, Plt Bupati Tiwi meminta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Purbalingga untuk segera menurunkam tim mengecek dan meng inventarisir kebutuhan anggaran dan untuk dialokasikan di tahun 2019.

Pada gebrak gotong royong Desa Siwarak, Plt. Bupati Tiwi menyerahkan dua bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) bantuan dari Bank Jateng atas nama Mudiono warga RT. 03 RW. 03 dan bantuan rehab RTLH yang kedua dari PD. BPR BKK Purbalingga untuk Sugino warga RT. 03 RW. 07 Desa Siwarak Kecamatan Karangreja. Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kab. Purbalingga H. Tongat, SH. MM., Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi, SH. dan juga sejumlah pejabat Pemkab Purbalingga.

Bantuan lainnya untuk warga Desa Siwarak adalah 829 paket Rasbangga, 20 paket bantuan program pemberian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan balita dari Dinas Kesehatan, santunan bagi 50 orang anak yatim piatu dari BAZNAS Purbalingga, bantuan alat pertanian dan juga bingkisan dari Dinsosdalduk KBP3A Kab. Purbalingga. (t/humas)