Home Kabupaten Purbalingga PPID Purbalingga Masuk 20 Besar  PPID Kabupaten/Kota yang Bakal Divisitasi Verifikasi

PPID Purbalingga Masuk 20 Besar  PPID Kabupaten/Kota yang Bakal Divisitasi Verifikasi

749
0
Laman PPID Kabupaten Purbalingga

*Berdasarkan Penilaian Mandiri PPID Utama Kabupaten/Kota

PurbalinggaNews – PPID Kabupaten Purbalingga yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga berhasil masuk 20 besar kabupaten/kota yang akan dilakukan verifikasi visitasi oleh tim dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah. Hal ini berdasarkan penilaian dari pengisian Self Assessment Questionnaire (SAQ) atau Kuesioner Penilaian Mandiri PPID Utama Kabupaten/Kota.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) pada Dinkominfo  Purbalingga, Istriyati mengatakan dari rekapitulasi nilai kuesioner penilaian mandiri oleh KI Provinsi Jawa Tengah, Purbalingga berada di peringkat enam. Total nilai yang diperoleh dalam SAQ yang diisi oleh PPID Utama Kabupaten Purbalingga yakni 93,8 dari lima komponen yang dinilai.

BACA JUGA   Ramadhan, ASN Purbalingga Tetap Ditarget Kinerja

“Lima komponen yang harus diisi dalam (SAQ) ini ada website, informasi berkala, informasi setiap saat, Daftar Informasi Publik yang Dikecualikan dan Kelembagaan,” kata Istriyati saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/10).

Masuknya PPID Kabupaten Purbalingga dalam 20 besar yang akan dikunjungi tim visitasi, maka PPID Kabupaten Purbalingga harus menyiapkan dokumen data dukung yang diminta pada SAQ. Data dukung ini harus dilengkapi dan diperlihatkan pada tim yang akan melakukan verifikasi dokumen pada Senin (22/10).

“Ini yang perlu ditekankan dimana data dukung ini harus dikumpulkan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Bagian Hukum, Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Badan Keuangan Daerah dan OPD lainnya yang memang bersangkutan,” ujarnya.

BACA JUGA   Kapolres: Generasi Muda Kurang Mengaplikasikan Nilai Pancasila

Untuk mempersiapkan visitasi verifikasi Badan Publik di Kabupaten Purbalingga, maka seluruh tim PPID Kabupaten Purbalingga harus saling bekerjasama mempersiapkan penilaian ini. Hal ini guna mewujudkan Kabupaten Purbalingga menjadi kabupaten yang informatif.

“Beberapa hal yang memang harus disiapkan pada visitasi yakni presentasi oleh tim PPID, kemudian verifikasi SAQ dan pemeriksaan Daftar Informasi Publik (DIP),” jelas Istriyati.

Ia berharap dengan masuknya PPID Kabupaten Purbalingga dalam 20 besar dapat lebih memacu kinerja seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Dengan pelayanan publik yang maksimal, hal ini tentunya akan lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang diminta.

“Untuk mendapatkan informasi masyarakat dapat memintanya sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada, karena dalam PPID sendiri ada aturan terkait permohonan informasi publik,” pungkasnya. (PI-7)

BACA JUGA   Peringati Hari Buku, Humas Setda Purbalingga Bagikan Buku Cuma-cuma