Home Kabupaten Purbalingga Purbalingga Raih 9 Penghargaan PerpuSeru Award 2018

Purbalingga Raih 9 Penghargaan PerpuSeru Award 2018

931
0
Pemenang Perpusda Terbaik Ajang PerpuSeru Award 2018

PurbalinggaNews – Kabupaten Purbalingga telah menggoreskan catatan prestasi dalam dunia literasi di tahun 2018 ini. Sebanyak 9 penghargaan pada ajang PerpuSeru Award 2018 diraih baik oleh pegiat literasi, termasuk perpustakaan daerah Kabupaten Daerah.

Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarspus) Kabupaten Purbalingga Drs Imam Hadi MSi, menyampaikan PerpuSeru Award itu yang dilaksanakan oleh Coca-Cola Foundation dan Perpustakaan Nasional. Khususnya sebagai rangkaian dari kegiatan Peer Learning Meeting Tingkat Nasional. Acara tersebut berlangsung dari Tanggal 5 dan 6 Juli 2018 di The Royal Ambarrukmo Jogjakarta.

 “Penghargaan yang berhasil diraih oleh Purbalingga diantaranya, Perpusda terbaik; The best of the best untuk Perpustakaan ‘Pelita’ Desa Muntang (Kemangkon); Perpusdes terbaik dari Perpusdes Kalitinggar (Padamara), Muntang (Kemangkon), Lamuk (Kejobong), dan Prigi (Padamara); Lomba menulis cerita impact versi tulisan terbaik ke-2 untuk Perpusdes Gembong (Bojongsari); Lomba cerita impact melalui video untuk Perpusdes Gembong dan TBM Prigi,” kata Imam yang juga Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan saat Apel Kerja Pagi di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purbalingga, Jumat (6/7).

BACA JUGA   Wabup Tinjau Bencana Banjir Kutasari

Lebih detail Imam menjelaskan, Perpusdes ‘Al-Islah’ Kalitinggar meraih Perpusdes terbaik dalam kegiatan pelibatan masyarakat. Perpusdes ‘Iqro’ Lamuk mendapat predikat Perpusdes terbaik untuk advokasi dan pelatihan. Sementara Perpusdes ‘Pelita’ Muntang terbaik untuk kegiatan layanan kesehatan.

Dari Sembilan penghargaan itu, kata Imam rencanannya masih ada satu lagi penganugrahan yaitu Festival Lapak PerpusSeru akan diselenggarakan nanti malam. Imam berharap dengan raihan-raihan penghargaan ini bisa semakin bisa memacu kreatifitas pegiat literasi yang lain di Purbalingga.

Tidak hanya itu, diharapkan juga seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk masyarakat bisa meningkatkan minat membacanya. “Diantaranya bisa kunjungi perpustakan kita (Perpusda), ataupun Perpusdes. Silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita bercermin saja dengan orang luar negeri, kadang saat sedang liburan saja mereka baca buku sambil bersantai,” katranya.

BACA JUGA   Kontingen Harus Bawa Nama Harum Purbalingga di Jamda SD/MI Ke-IV Kwarda Jateng 2018

Seperti yang diketahui, perpustakaan yang ada sebagai sebuah community centre atau tempat berkumpul dan belajar masyarakat merupakan salah satu goals program PerpuSeru yang diadakan oleh Coca-Cola Foundation Indonesia. PerpuSeru merupakan sebuah program kerja sama antara Coca Cola Foundation Indonesia dengan Bill & Melinda Gates Foundation yang bertujuan mentransformasi perpustakaan menjadi pusat informasi, belajar dan kegiatan masyarakat berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi.

“Kabupaten Purbalingga hampir selalu meraih penghargaan dalam PerpuSeru Award di tiap tahunnya sejak 2015. Hal itu, salah satunya karena Pemkab Purbalingga telah memberikan perhatian yang begitu besar dalam upayanya mengembangkan peranan perpusda bagi masyarakat.(Gn/Humas)