Home Berita Video Purbalingga Terus Genjot Program Motor Listrik

Purbalingga Terus Genjot Program Motor Listrik

84
0
Purbalingga Terus Genjot Program Motor Listrik
Purbalingga Terus Genjot Program Motor Listrik

PURBALINGGA INFO, Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) terus menggenjot program motor listrik. Sebagaimana diketahui Pemkab Purbalingga akhir tahun 2022 telah melaunching prototype 3 unit motor listrik khas Purbalingga dengan merk Bralink EV-1.

Kepala Dinperindag, Johan Arifin mengatakan akan terus melanjutkan program pengembangan motor listrik dengan fokus kepada program konversi kendaraan konvensional BBM ke kendaraan listrik bebasis batery. Guna mewujudkan hal tersebut, diawal tahun ini Dinperindag langsung tancap gas melakukan berbagai upaya koordinasi dan penjajagan kerjasama dengan pemerintah propinsi, pemerintah pusat, perguruan tinggi serta dunia usaha swasta otomotif lainnya.

” Upaya ini dilakukan agar program pengembangan kendaraan listrik dengan konsep pemberdayaan IKM/UMKM ini mendapat dukungan program dari banyak pihak baik pemerintah maupun swasta. Kita tidak bisa berjalan sendirian, perlu dukungan dari banyak pihak baik pemerintah maupun swasta termasuk peran aktif, semangat dan inovasi dari teman teman IKM itu sendiri”, katanya saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Minggu (15/1/2023).

BACA JUGA   Hadiri Apel Kerja Pasca Cuti Lebaran Wakil Bupati Amanatkan Peningkatan Kinerja di Kecamatan Padamara

Johan menambahkan agenda di awal Januari ini akan melakukan roadshow koordinasi baik ke pemerintah propinsi Jawa Tengah, Pemerintah Pusat maupun ke dunia usaha swasta lainnya. Alhamdulillah kemarin kita sudah melakukan pembahasan rencana kerjasama dengan Fakultas Tekhnik Unsoed Purwokerto, beberapa hal potensi yang kita kerjasamakan sudah kita bahas seperti proses HAKI Bralink EV-1 serta program pengembangan lainnya.

” Dinperindag juga sedang memfasilitasi kerjasama beberapa IKM tim kerja Bralink EV-1 dengan SMEV sebagai salah satu industri potensial pengembang kendaraan listrik Nasioanal karena komitmenya untuk dapat melibatkan IKM dalam produk EV mereka. Beberapa parts kendaraan listrik sudah bisa di kerjasamakan produksinya dengan IKM Purbalingga, ” ujarnya.

BACA JUGA   Kelola Anggaran Miliaran, Kades Harus Hati-hati

Selanjutnya minggu depan menurut Johan Dinperindag dijadwalkan akan melakukan paparan program pengembangan motor listrik ke Pemprop Jawa Tengah. Kami diundang untuk melakukan paparan di Biro Perekonomian Setda Propinsi Jateng hari Selasa besok. Setelah dari Propinsi rencananya akan roadshow ke beberapa kementerian terkait.

” Upaya ini merupakan bentuk komitmen agar program pengembamgan kendaraan listrik tidak terhenti hanya sebatas pada keberhasilan membuat produk prototype saja namun perlu program pemberdayaan IKM Purbalingga menyongsong era motor listrik nasional, ” pungkasnya. (dy)

Previous articleMantapkan Persiapan Menuju Porprov 2023, KONI Purbalingga Gelar Raker
Next articleTingkatkan Motivasi Jelang Porprov, Enam Atlet Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati Purbalingga