Home Kabupaten Purbalingga RGS Kembali Gelar Gema Rebana

RGS Kembali Gelar Gema Rebana

895
0
Program Rebana yang diadakan LPPL Radio Gema Soedirman, Sabtu (26/5).

PurbalinggaNews – Setelah absen satu tahun Radio Gema Soedirman (RGS) kembali mengadakan program Gema Rebana. Program ini sangat ditunggu banyak pihak terutama terutama group rebana diberbagai wilayah seputar Purbalingga. Eksistensi grup rebana dimata masyarakat menjadi pemacu semangat untuk tampil secara prima.

Direktur Penyiaran dan Program, Ety Setyowati mengatakan tujuan kegiatan gema rebana salah satunya untuk meningkatkan siar Islam pada Bulan Ramadhan. Selain itu juga untuk nguri-nguri- budaya agar kesenian rebana agar tidak punah dan selalu eksis ditengah masyarakat Purbalingga. Program Rebana ini akan kami sajikan selama bulan Ramadhan.

“Kami juga sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Purbalingga dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika yang telah mensupport sehingga Gema Rebana bisa berjalan dengan baik,” katanya disela-sela kegiatan Gema Rebana, Sabtu (26/5).

BACA JUGA   RSUD Goeteng Sediakan Ruang Khusus Penanganan Thalassemia

Ety juga menambahkan berterimakasih kepada para sponsor kegiatan gema rebana seperti PD BPRS Buana Mitra Perwira, serta para donatur hamba Allah, yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya untuk takjil  buka puasa para peserta. Semoga kebaikannya menjadi amal soleh yang dicatat oleh Malaikat Rokib, dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

“Untuk menjadi penyemangat gema rebana, kami juga akan memberikan sedikit uang pembinaan dan piagam penghargaan kepada para pemenang nantinya,” ujarnya.

Ety juga menambahkan grup rebana berjumlah maksimal 15 orang, masing-masing peserta membawa peralatan sendiri. Setiap penampilan akan divideokan dan akan kita viralkan di media sosial baik Instagram, Facebook dan YouTube.

Sedangkan ketua Grup Rebana Religi asal Desa Prigi Kecamatan  Padamara, Anjar mengatakan kegiatan gema Rabana yang diselenggarakan RGS sangat membantu agar Rebana selalu diminta masyarakat. Festival gema rabana juga untuk menguji suatu grup untuk menampilkan performa yang baik.

BACA JUGA   Kliping Media Tanggal 28 Desember 2017

“Untuk persiapan kami latihan satu Minggu sekali, selain menambah kekompakan, juga latihan vokal,” katanya.

Terkait prestasi yang didapat grup rebananya selama ini, Anjar mengatakan baru sebatas acara hajatan di desanya. Dari uang tanggapan dapat kami belikan peralatan dan seragam. Namun demikian karena kami suka musik rebana sehingga hampir 5 tahun kami masih eksis.

“Kekompakan kami bukan karena orientasi materi namun karena kami suka dengan sholawat, dengan iringan musik rebana kami selalu mendendangkan sholat nabi,” katanya. (PI-2)