Home Kabupaten Purbalingga RSUD Goteng Tarunadibrata Optimis 2015 Menjadi Tipe B

RSUD Goteng Tarunadibrata Optimis 2015 Menjadi Tipe B

468
0

PurbalinggaNews, Rumas Sakit Umum Daerah Goeteng Tarunadibrata optimis pada tahun 2015 menjadi rumah sakit tipe B. Berbagai persiapanpun telah dilakukan oleh rumah sakit ini, baik dalam pelayanan, administrasi dan sarana prasarana serta kecukupan dokter spesialis.

Kabid Pelayanan RSUD Goeteng, drg. Hermanto Suprapto mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan antara lain dengan menambah dokter spesialis. Sesuai dengan akreditas rumah sakit tipe B, harus memenuhi kecukupan dasar, yaitu harus ada 4 dokter spesialis dasar sepsialis anak,  bedah umum, dalam dan kandungan minimal 3 orang.

“Kondisi sekarang ada 3 dokter bedah umum, 3 dokter dalam,  2 dokter  kandungan, dan 1 dokter anak. Namun untuk dokter anak kita ada penambahan 1 dokter lagi dan sudah clear.” ujar Hermanto di sela-sela rakor SKPD bidang Kesehatan di Aula RSUD Goeteng, Kamis (5/3).

Hermanto menambahkan kurang lebih masih 7 dokter spesialis yang harus ada, seperti spesialis jantung, dan spesialis paru, termasuk juga spesialis gigi harus ada. Sehingga dengan menjadi tipe B maka pelayanan menjadi lebih baik lagi.

“Dampaknya bagi masyarakat menjadi lebih baik karena tidak lagi ke RSUD margono,” ujar Hermanto

Sedangkan Kasubag TU Mulyanto mengatakan selain persiapan pemenuhan dokter spesialis, juga perlu diperhatikan kesiapan sarana prasarana dan segi pelayanannya. RSUD juga sedang mengikuti akreditasi Joint Commission International (JCI). Akreditasi JCI sangat ketat, salah satunya rumah sakit harus bebas dari puntung rokok, kalau ada puntung rokok di rumah sakit maka bisa di diskualifikasi.

“JCI juga melarang anak dibawah usia 12 tahun masuk rumah sakit kecuali yang sakit. Untuk itu kami mohon maaf kepada masyarakat, karena aturannya ketat. Pintu rumah sakit kita akan tutup rapat, kecuali jam besuk,” ujar Mulyano. (Sapto Suhardiyo)