Home Kabupaten Purbalingga Rutan Purbalingga Jajaki Kerjasama dengan Limbah Pustaka

Rutan Purbalingga Jajaki Kerjasama dengan Limbah Pustaka

818
0
Pegiat Limbah Pustaka, Roro Hendarti menandatangani MoU bersama dengan Kepala Rutan Kelas IIB Purbalingga di Rutan Purbalingga, Sabtu (6/10)

PurbalinggaNews – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Purbalingga menjalin kerjasama dengan Limbah Pustaka terkait Layanan Silang Baca dan Bimbingan Kerja bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Jalinan kerjasama ini dilakukan guna terwujudnya kerjasama dalam rangka Layanan Bimbingan Kerja dan menghidupkan literasi para Warga Binaan Permasyarakatan.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Rutan Purbalingga dan Limbah Pustaka berlangung Sabtu lalu (6/10) dan bertempat di Rutan Purbalingga,” kata Pegiat Limbah Pustaka, Desa Muntang, Roro Hendarti saat dihubungi Senin (8/10).

Ruang lingkup kerjasama yang dilakukan yakni fasilitasi pemberian layanan bimbingan kerja bagi warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Purbalingga dan pelaksanaan program-program kegiatan layanan bimbingan keja yang diberikan Limbah Pustaka. Layanan bimbingan kerja yang akan diberikan berupa pembinaan kegiatan kerajinan tangan, pembuatan kompos, pertanian hidroponik, Pilah Olah Sampah Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (POS Emas) dan optimalisasi perpustakaan bagi warga binaan

BACA JUGA   Pendamping PKH Diminta Ubah Masyarakat Miskin Jadi Bermental Kaya

“Pembinaannya nanti kita akan jadwalkan dan diprogramkan sesuai dengan program Rutan Purbalingga dan juga kesediaan waktu para relawan,” jelasnya.

Ia menerangkan Rutan Purbalingga sebetulnya sudah mempunyai Pojok Baca yang merupakan fasilitas yang diberikan oleh Perpustakaan Daerah Purbalingga. Namun pojok baca tersebut sudah lama tidak dimanfaatkan dan tidak difungsikan, sehingga dengan adanya pendatanganan MoU ini mampu menghidupkan kembali pojok baca tersebut.

“Dihidupkan lagi supaya para narapidana itu lebih gemar membaca sehingga banyak ilmu yang bisa diketahuinya, jadi perlu adanya pembenahan dan penambahan buku bacaan di sana (Rutan Purbalingga, Red),” ujar Roro.

Pelatihan-pelatihan yang nantinya akan diberikan kepada para warga binaan juga dimaksudkan untuk membekali para narapidana agar lebih berdaya dan memiliki keahlian. Hal ini tentu bisa mengembangkan kemampuan dan menambah pendapatan warga binaan keluar dari Rutan Purbalingga.

BACA JUGA   Dinkominfo Boyongan

“Itu keinginan kami dimana para napi ini setelah keluar lebih berdaya dan mempunyai keahlian untuk mengembangkan diri sehingga seterusnya bisa kembali ke jalan yang baik,” ungkapnya.

Dengan adanya jalinan kerjasama ini diharapakan mampu menambah pengalaman bagi warga binaan sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Ia melanjutkan, Rutan Purbalingga ke depannya juga mampu menjadi percontohan bagi rutan-rutan yang lain dengan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk menggali pengetahuan dan berbagai pelatihan.

“Dengan bekal pendidikan atau pelatihan yang kami berikan, setelah keluar warga binaan tidak lagi bingung harus melangkah kemana, jadi sudah punya tujuan untuk hidup kedepannya dan lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki,” pungkas Roro. (PI-7)

BACA JUGA   Peringati Hari TB Sedunia, Dinkes Kampanyekan TOSS TB