Home Kabupaten Purbalingga Santri Minhajut Tholabah Bakal Wakili Purbalingga di PPSN

Santri Minhajut Tholabah Bakal Wakili Purbalingga di PPSN

1109
0
Keceriaan para peserta saat penutupan Perkemahan Pramuka Santri DIY yang dilaksanakan di Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul. Sumber: Kemenag Yogyakarta.

PurbalinggaNews – Sebanyak 24 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajut Tholabah Desa Kembangan Kecamatan Bukateja akan mewakili Kabupaten Purbalingga pada ajang Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) Ke V. Perkemahan tersebut diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah dan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng Tahun 2018.

“Pramuka santri Minhajut Tholabah Ambalan Ali Bin Abi Tholib, Siti Fatimah mengikuti kemah santri nusantara yang diadakan di Kabupaten Kendal,” kata Pembina Pramuka Santri Minjahut Tholabah, Muhammad Ma’ruf Elawi saat dihubungi, Sabtu (7/7).

Ma’ruf menjelaskan ini sudah yang ke lima kalinya Minhajut Tholabah dipercaya untuk mewakili Purbalingga secara berturut-turut. PPSN sendiri akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 9 hingga 11 Juli 2018 di Pondok Pesantren Darul Amanah, Kabupaten Kendal.

BACA JUGA   Setiap Sekolah Wajib Laporkan Pelaksanaan PTM setiap hari

“Ponpes Minjahut Tholabah akan mengirimkan santrinya sebanyak dua kontingen yaitu kontingen putra maupun putri,” lanjutnya.

Masing-masing kontingen terdiri dari sepuluh santri, satu pimpinan kontingen (pinkon) dan satu bina damping. Selain itu, para peserta dari Ponpes Minhajut Tholabah akan didampingi dari Kemenag Kabupaten Purbalingga dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga selama perkemahan.

“Untuk mempersiapkan kemah nusantara ini, pramuka Minhajut Tholabah sudah kami siapkan dengan berbagai latihan,” ujar Ma’ruf.

Mata lomba pada PPSN ke V, ia mengimbuhkan terdiri dari pembuatan Teknologi Tepat Guna (TTG), K3 Perkemahan, memasak, pembuatan film pendek, pioneering dan pentas seni. Pada jenis lomba TTGG, santri Minhajut Tholabah sudah mempersiapkan untuk membuatan padasan (tempat wudhu, Red) otomatis.

BACA JUGA   Kliping Media Tanggal 18 Desember 2017

“Untuk lomba masak, para santri akan membuat kue mawar singkong yaitu kue yang dibuat dari bahan singkong, kelapa dan gula berbentuk bunga mawar,” tambahnya.

Sedangkan pada mata lomba pentas seni, para santri Minhajut Tholabah akan menampilkan drama dengan kisah Pangeran Singayuda dan Syekh Makdum. Pada PPSN ke V ini, Ma’ruf menargetkan kontingen Purbalingga dapat meraih juara sehingga dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Purbalingga.

“Target kita, bismillah dapat juara walaupun mungkin tidak juara umum tapi target kami juara dua,” ungkap Ma’ruf. (PI-7)