Home Kabupaten Purbalingga Satlantas Purbalingga, Ingatkan Pentingnya Ketertiban Berkendara

Satlantas Purbalingga, Ingatkan Pentingnya Ketertiban Berkendara

599
0
Kasatlantas Polres Puralingga, AKP Sukarwan melakukan sosialisasi Kamseltibcarlantas (Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas) dalam acara TMMD di aula Balai Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu, Selasa (10/4).

PurbalinggaNews – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat =akan pentingnya Kamseltibcarlantas (Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas), Satlantas Polres Purbalingga menggelar sosialisasi keselamatan berkendara, di Aula Balai Desa Karangjambu, Selasa (10/4).

Acara sosialisasi yang merupakan salah satu kegiatan non fisik TMMD Reguler ke-101 tersebut dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Puralingga, AKP. Sukarwan. Sukarwan mengatakan, keselamatan merupakan faktor utama dalam berkendara.

“Keselamatan adalah faktor utama dalam berkendara. Dengan menjaga keselamatan diri sendiri, berarti juga telah menyelamatkan pengguna jalan lainnya.” kata Sukarwan.

“Dengan menggandeng instansi TNI, melalui TMMD ini kita harapkan lebih optimal dalam mensosialisasikan tertib berlalu lintas. Dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas di lokasi TMMD TNI, kita kedepankan upaya preventif melalui penerangan keliling kali ini, kita tidak lakukan tilang namun lebih ke upaya pembinaan dan pemberian imbauan tertib berlalu lintas” imbuhnya.

Dalam sosialisasi itu, Sukarwan menguraikan sejumlah materi tertib berlalu lintas. Mulai dari rambu-rambu sampai dengan kelengkapan berkendara seperti SIM dan STNK dan juga kelengkapan kendaraan. Diantaranya penggunaan helm standar, penyalaan lampu pada siang hari, termasuk lampu sen saat berbelok, serta ketaatan terhadap rambu lalu lintas dan marka jalan, serta larangan-larangan saat berkendara seperti penggunaan ponsel saat berkendara.

“Meningkatkan kesadaran untuk tertib lalu lintas dan juga memahami arti rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalan raya tentunya dapat mengurangi jumlah kecelakan lalu lintas, terutama yang disebabkan oleh faktor human error,” pungkas Sukarwan. (PI-9)