Home Kabupaten Purbalingga Siswa SMA N 1 Purbalingga Shalat Istisqa Bareng TNI

Siswa SMA N 1 Purbalingga Shalat Istisqa Bareng TNI

492
0

PurbalinggaNews  – Ratusan siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Purbalingga bersama para guru dan jjaran TNI – Polri, Selasa (28/10/2015) melaksanakan shalat istisqa atau shalat minta hujan agar musim kemarau  tahun ini segera berakhir. Shalat tersebut dilakukan di halaman sekolah setempat dipimpin oleh imam shalat Muhammad Irwan dari Kelurahan Bojong.

Pelaksanaan shalat diawali dengan shalat dhuha, dilanjutkan shalat istisqa dua rakaat. Kemudian imam shalat menyampaikan khutbah yang berisi permohonan ampunan dan taubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. “Kita semua bermohon kepada Alloh SWT agar di tanah Jawa ini segera turun hujan. Bukan hujan yang berlebihan tetapi hujan yang bermanfaat, termasuk untuk saudara-saudara kita di luar Jawa yang masih dilanda kabut asap,” katanya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Purbalingga Kustomo mengaku pihak sekolah sebenarnya sudah memiliki program untuk menyelenggarakan kegiatan shalat istisqa. Kegiatan tersebut dibarengkan dengan momentum peringatan hari sumpah pemuda, menyusul adanya korrdinasi yang dilakukan jajaran TNI dalam hal ini Koramil 01 Purbalingga untuk menggelar Shalat Istisqa Nasional.

“Kebetulan ada program dari TNI sehingga kita laksanakan bersama-sama,” kata Kustomo usai shalat istisqa, Rabu (28/10).

Menurut Kustomo, penyelenggraan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membangun kepedulian dari para siswa terhadap kondisi yang tengah terjadi di sekelilingnya. Karena ini berkaitan dengan musim kemarau, pihaknya ingin memberikan bekal kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang mengalami kekeringan dan kabut asap dengan memohon segera turun hujan.

“Yang pertama membangun sikap kepedulian kepada sesama. Kemudian melatih memahami apa yang harus dilakukan ketika menjumpai musim kemarau panjang,” jelasnya.

Terpisah, Komandan Kodim 0702 Purbalingga, Letkol KAV Dedy Safrudin menuturkan, selain di SMA Negeri 1 Purbalingga, shalat istisqa juga dilaksanakan diseluruh Koramil jajaran se kabupaten Purbalingga. Dandim sendiri berbaur melaksanakan shalat istisqa bersama masyarakat desa Kajongan Kecamatan Bojongsari.

“Kegiatan ini merupakan instruksi panglima kepada jajaran Kodim untuk melaksanakan shalat istisqa di tingkat Koramil. Ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkan Dedy Safrudin, kegiatan ini merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam mengatasi bahaya kekeringan dan  kabut asap yang hingga kini masih terjadi di sejumlah daerah khususnya di luar Jawa. “Kita gerakan masyarakat untuk bersama-sama memohon kepada Allah SWT agar segera turun hujan sehingga musim kemarau tidak berkepanjangan,” katanya.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk mendukung personel TNI yang tengah melakukan upaya pemadaman api di sejumlah tempat di Indonesia. (Hardiyanto)