Home Info SMAN 1 Purbalingga Jalin kerjasama dengan SMAN 8 Jakarta

SMAN 1 Purbalingga Jalin kerjasama dengan SMAN 8 Jakarta

94
0
Kepala SMAN 1 Purbalingga, Joko Mulyanto, S.Pd, M.Pd (kiri) dan Kepala SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti, M.Pd bertukar cindera mata.
Kepala SMAN 1 Purbalingga, Joko Mulyanto, S.Pd, M.Pd (kiri) dan Kepala SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti, M.Pd bertukar cindera mata.

PURBALINGGA–SMA Negeri 1 Purbalingga menjalin kerjasama dengan SMA Negeri 8 Jakarta, terkait bidang penelitian yang dilakukan siswa kedua belah pihak. Diharapkan, dengan kerjasama ini, akan menambah pengalaman, pengetahuan dan jejaring pertemanan para siswa selama belajar maupun setelah tamat dari kedua sekolah tersebut.


“Kedatangan kami ke SMAN 1 Purbalingga ini untuk mencari saudara. Kedepan, semoga persaudaraan ini membawa manfaat dan kemajuan bagi kedua belah pihak,” ujar Kepala SMA Negeri 8 Jakarta, Rita Hastuti M,Pd pada acara studi banding di Aula SMA Negeri 1 Purbalingga, Sabtu (18/6/2022).


Kedatangan Rita Hastuti ditemani jajaran dewan guru dan karyawan serta pengurus OSIS SMAN 8 Jakarta, berjumlah 120 orang diterima Kepala SMAN 1 Purbalingga, Joko Mulyanto, S.Pd, M.Pd beserta jajaran dewan guru, karyawan, pengurus OSIS dan pengurus komite SMAN 1 Purbalingga.


Selama di SMAN 1 Purbalingga, sambil berkeliling ke sudut-sudut sekolah, mereka saling bertukar pengalaman untuk memajukan sekolah masing-masing.


Setelah dari SMAN 1 Purbalingga, rombongan SMAN 8 Jakarta juga menjalin kerjasama dengan SMAN 1 Purwokerto dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).


Untuk diketahui, SMAN 8 Jakarta yang beralamat di Jl. Taman Bukit Duri No.2, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, adalah sekolah favorit.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis Daftar Top 1000 Sekolah Tahun 2021 berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang didapat dari Tes Potensi Skolastik dan Test Potensi Akademik (TPS dan TPA), bahwa SMAN 8 Jakarta masuk peringkat ke 3 se Indonesia dari 23.110 sekolah baik SMA/MA/SMK atau peringkat ke 2 provinsi DKI Jakarta, dengan nilai 630,860.


Rita Hastuti mengemukakan, kedatangannya ke Purbalingga untuk mencari saudara, karena salah satu alumni SMAN 8 Jakarta tahun 2005, adalah Dyah Hayuning Pratiwi saat ini menjabat Bupati Purbalingga.Sementara ayah Bupati Purbalingga Tiwi, Triyono Byudi Sasongko yang menjabat Bupati Purbalingga selama dua periode (2000-2010) adalah alumni SMAN 1 Purbalingga tahun 1976.


“Mengingat hubungan itulah, kami mencari saudara ke SMAN 1 Purbalingga sini. Saatnya nanti, silahkan teman-teman guru dan karyawan SMAN 1 Purbalingga ke SMAN 8 Jakarta untuk studi banding. Kami siap menerima dengan senang hati,” ujarnya.


Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 8 Jakarta,Gatot Handoko, M.Pd yang juga asli Purbalingga mengemukakan, ke depan pihaknya melakukan kerjasama bidang penelitian yang dilakukan para siswa SMAN 8 Jakarta dan SMAN 1 Purbalingga. Misalnya, para siswa Kelas XI SMAN 8 Jakarta, yang dibagi ke dalam beberapa kelompok, selama lima hari dengan menginap di home stay, melakukan pendataan dan penelitian mengenai potensi industri rambut di Purbalingga.Dalam kelompok itu, ada siswa dari SMAN 8 Jakarta dan SMAN 1 Purbalingga.


“Di bawah bimbingan guru kedua belah pihak, hasil penelitian itu kemudian dipaparkan dan dibuat laporan, yang diharapakan memberikan manfaat bagi para siswa kedua belah pihak dan masukan bagi Pemkab Purbalingga,” ujar Gatot Handoko.


Gatot mengemukakan, program kerjasama bidang penelitian ini, bermanfaat bagi siswa kedua belah pihak tidak hanya saat ini saja, namun setelah tamat sekolah, diharapkan mereka bisa mengembangkan jejaring usaha atau pertemanan yang lebih luas. (***)