Home Kabupaten Purbalingga SMPN 1 Bukateja Juarai LPI

SMPN 1 Bukateja Juarai LPI

635
0

PurbalinggaNews, Tidak hanya juara di bidang akademik, di bidang nonakademik SMPN 1 Bukateja juga mampu berbicara di tingkat Kabupaten Purbalingga. Hal ini menyusul  Tim sepak bola SMPN 1 Bukateja keluar sebagai juara pertama Liga Pendidikan Indonesia (LPI) pelajar tingkat SMP/MTs se Kabupaten Purbalingga tahun 2015. Dalam babak final yang digelar di Stadion GOR Guntur Daryono, Senin (28/9), kesebelasan SMPN 1 Bukateja berhasil mengandaskan kesebelasan SMPN 1 Bojongsari, dengan score 1 – 0.

Atas keberhasilan itu,kesebelasan SMPN 1 Bukateja dibawah pelatih Muqtafin Fatih S.Pd  berhak mewakili Kabupaten Purbalingga dalam kompetisi LPI pelajar tingkat Provinsi Jawa-Tengah yang akan digelar di Kota Semarang, 9-13 November 2015 mendatang. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jawa-Tengah itu, akan diikuti 35 perwakilan dari kabupaten/kota se-Jateng. Selain tingkat SMP, juga digelar tingkat SMA/SMK dan mahasiswa.

Kepala SMPN 1 Bukateja, Wasis Sudiantoro, M.Pd merasa bangga atas prestasi yang diraih tim sepak bola sekolahnya. “Ini prestasi yang membanggakan. Belum lama  ini  SMPN 1 Bukateja meraih juara 2 cerdas cermat dan juara 2 lomba sesorah (pidato bahasa Jawa), kini juara sepak bola . Keberhasilan ini berkat kerja keras  dan kekompakan para pemain, dengan dukungan penuh  dari para guru , karyawan dan seluruh siswa serta jajaran komite sekolah. Untuk melaju ke tingkat provinsi, kami akan persiapkan sebaik-baiknya,” ujar Wasis Sudiantoro.

Dalam babak final yang yang digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani dan Olah Raga Kesehatan (PJOK) SMP Kabuaten Purbalingga itu, disaksikan kurang lebih 1000 lebih penonton, terdiri para siswa dan guru dari SMPN 1 Bukateja dan dari SMPN 1 Bojongsari.

Ikut menyaksikan pula dalam kompetisi itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Purbalingga, Drs Subeno, MM, Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga yang diwakili pengawas SMP, Drs Supardan, MM  dan sejumlah pengurus KONI Purbalingga.

Keberhasilan SMPN 1 Bukateja mencetak score 1, berkat tendangan bebas Elva Tridiono, siswa Klas 8 B pada menit ke 25 di babak pertama. Pada babak pertama, pertandingan dikuasai oleh tim SMPN 1 Bukateja. Dan memasuki babak kedua, kesebelasan SMPN 1 Bojongsari berusaha  membalas kekalahan, dengan bermain keras. Namun permainan itu dapat dimentahkan oleh para pemain dari SMPN 1 Bukateja, sehingga hingga babak kedua selesai, kedudukan tetap 1 – 0.

Kompetisi LPI pelajar SMP/MTs tingkat Kabupaten Purbalingga sendiri diikuti 30 SMP/MTs se Kabupaten Purbalingga. Kompetisi ini dibagi menjadi 4 pool, yakni  pool pertama terdiri kecamatan Purbalingga, Padamara, Kutasari dan Bojongsari; pool kedua Kecamatan Bukateja, Kejobong, Kemangkon,  Pengadegan, dan Kalimanah; pool  ketiga Bobotsari, Mrebet, Karanganyar, Karangreja dan Karang Jambu, dan pool ke empat Karangmoncol, Kertanegara dan Rembang.

Ketua MGMP PJOK SMP Kabupaten Purbalingga, Riswanto, S.Pd  menambahkan, untuk juara 1 pool 1 diraih SMPN 1 Bojongsari,juara 2 SMPN 2 Bojongsari, dan juara 3 bersama SMPN 2  Padamara, dan SMPN 4 Kutasari. Untuk pool 2, juara 1 diraih SMPn 1 Bukateja, juara 2 SMPN 1 Kaligondang, dan juara 3 bersama SMPN 2 Kalimanah dan SMPN 1 Kejobong.

Untuk pool 3 juara 1 diraih  SMPN 1 Karangmoncol, juara kedua SMPn 1 Rembang, dan juara tiga bersama SMPN 1 Karanganyar dan SMP Maarif Karanggedang. Sedangkan untuk  pool 4 juara 1 diraih SMPN 3 Bobotsari, juara kedua SMPN 2 Karangreja, dan juara tiga bersama MTs Negeri Bobotsari, dan SMPN 4 Mrebet.  

Juara 1 tiap pool dipertandingkan lagi, hingga keluar juara pertama SMPN 1 Bukateja, juara kedua SMPN 1 Bojongsari, dan juara tiga bersama  SMPN 1 Karangmoncol  dan SMPN 3 Bobotsari.