Home Kabupaten Purbalingga SMPN 1 Bukateja Lepas 210 Siswa Kelas IX

SMPN 1 Bukateja Lepas 210 Siswa Kelas IX

1113
0
Acara pelepasan siswa -siswi kelas IX SMPN 1 Bukateja, di Aula sekolah setempat, Senin (28/5).

PurbalinggaNews – Salsa Ruqiyatus Syifa, siswi kelas IX A SMPN 1 Bukateja, Purbalingga meraih nilai 100 atau sempurna untuk mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2017/2018. Dan Salsa, demikian panggilan akrabnya, merupakan satu diantara tiga siswa SMP di Purbalingga yang meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Peraih nilai 100 lainnya untuk mapel Bahasa Indonesia ini, yakni dari SMPN 1 Bobotsari dan SMPN 1 Kemangkon.

“Ini prestasi yang amat membanggakan, dan terbilang langka. Kalau meraih nilai 100 untuk mapel Matematika, sudah sering ada di berbagai sekolah. Namun kalau meraih nilai 100 untuk mapel Bahasa Indonesia, dan di Purbalingga ada 3 orang, dan satu diantaranya dari SMPN 1 Bukateja, ini sungguh amat membanggakan,” ujar Kepala SMPN 1 Bukateja, Tjandra Irawati pada acara pelepasan siswa -siswi kelas IX SMPN 1 Bukateja, di Aula sekolah setempat, Senin (28/5).

Hadir dalam kesempatan itu, jajaran Forkompimcam Bukateja, komite sekolah, orang tua siswa kelas IX, dan jajaran dewan guru serta karyawan SMPN 1 Bukateja.

Dalam kesempatan itu pula, sebanyak 210 siswa kelas IX SMPN 1 Bukateja dinyatakan dilepas, dikembalikan lagi ke orang tua masing-masing, dengan harapan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi di SMA/MA/SMK. Pada tahun pelajaran 2017/2018 ini, SMPN 1 Bukateja meluluskan 100 persen siswa-siswi kelas IX.

Dari 210 yang lulus itu, peraih nilai UNBK tertinggi Salsa Ruqiyatus Syifa, dengan nilai total 359,5 untuk empat mata pelajaran. Perinciannya, Bahasa Indonesia 100, Bahasa Inggris 82, Matematika 97,5, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 80,00.Sedangkan peraih bes of the best, Uswatun Rina Pamungkas, juga dari siswi kelas IX A, dengan total nilai UNBK 350,5.Kriteria peraih best of the best tidak hanya dilihat dari perolehan nilai UNBK saja, namun juga kontribusi kepada pihak sekolah atas berbagai prestasi yang diraih.

Kepala Sekolah Tjandra Irawati menginformasikan, dari 67 SMP negeri di Purbalingga pada UNBK2017/2018 ini, SMPN 1 Bukateja menduduki peringkat 9. Kepada para lulusan ke 53 SMPN 1 Bukateja kali ini, Tjandra Irawati berpesan agar dapat membawa nama baik SMPN 1 Bukateja di berbagai kesempatan.

“Jadilah alumni yang tetap menjunjung nama baik SMPN 1 Bukateja. Semoga kelak kalian jadi orang sukses, bermanfaat bagi masyarakat dan tetap menghargai keberagaman serta toleran kepada siapapun,” demikian pesan Tjandra Irawati.(PI-6/KP2)