Home Uncategorized Syarat Diangkat PNS, Sebanyak 70 CPNS Ikuti Latsar

Syarat Diangkat PNS, Sebanyak 70 CPNS Ikuti Latsar

91
0

PURBALINGGA – Sebanyak 70 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III dari formasi tahun 2019 mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) angkatan 151 dan 152. Latsar CPNS kali ini merupakan pola kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah dengan Pemkab Purbalingga.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BPKKD) Kabupaten Purbalingga Heriyanto SPD MSi menyampaikan CPNS formasi tahun 2019 sebenarnya berjumlah 468, akan tetapi secara bertahap yang mengikuti Latsar 2021 sebanyak 70 orang. Sedangkan sisanya, 398 orang akan mengikuti Latsar tahun 2022.

“Dari 70 orang  peserta, 63 orang diantaranya dari pendidikan, 4 orang dari kesehatan, 2 orang penyuluh kesehatan  dan 1 orang penyuluh pertanian,” katanya, dalam Upacara Pembukaan Latsar CPNS 2021 di Ruang Ardilawet, Setda Purbalingga.

BACA JUGA   Bupati Tiwi Pulangkan 66 Siswa Isoter SMP Negeri 4 Mrebet

Ia menambahkan kegiatan latsar ini bertujuan untuk membangu integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme, membentuk karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dalam memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang.

Latsar ini dibagi 2 angkatan, angkatan 151 akan menjalani Latsari mulai 23 Agustus sampai 5 November 2021. Sedangkan Angkatan 152 akan menjalani Latsari dari 25 Agustus sampai 13 November 2021. Kegiatan latsar meliputi distance learning/virtual di masing-masing instansi dan aktualisasi/habituasi.

Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda, Yanuar Abidin SH menyampaikan CPNS menjalani masa percobaan selama 1 tahun, sebelum diangkat menjadi PNS. Selama 1 tahun tersebut wajib mengikuti dan lulus Latsar.

“Dalam hal ini, maka Latsar adalah prasyarat wajib untuk menjadi PNS,” katanya.

BACA JUGA   Originalitas Batik Ciprat Karya Mulyono Mampu Berdayakan Wanita Karangtalun

Bupati berpesan agar Latsar dapat diikuti sebaik mungkin. Bukan sekadar mencapai hasil lulus, tapi tujuan Latsar bisa terwujud, yakni membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme, membentuk karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dalam memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang.untuk membangun integritas moral . . . tercapai“Saya harap nantinya dapat melaksanakan fungsi sebagai ASN sebagaimana UU ASN, yakni sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa,” ungkapnya.(Gn/Humas)