Home Kabupaten Purbalingga Tarling di Gemuruh, Bupati Sumbang Pembangunan Tempat Wudhu

Tarling di Gemuruh, Bupati Sumbang Pembangunan Tempat Wudhu

428
0

PurbalinggaNews  – Melihat semangat warga Gemuruh Kecamatan Padamara dalam memakmurkan masjid Baitussalam di dukuh Karanganyar, Bupati Purbalingga Tasdi tergerak untuk memberikan kenang-kanangan berupa pembangunan tempat wudhu. Kebetulan masjid yang baru menyelesaikan proses pembangunan itu, belum memiliki tempat wudhu yang representatif dan masih menjadi satu antara laki-laki dan perempuan.

“Saya berembug dengan Ketua DPRD (Tongat-red) untuk memasukan pembangunan tempat wudhu di anggaran perubahan nanti. Kita bangun tempat wudhu yang terpisah antara jamaah pria dan perempuan. Nilainya antara Rp 20 juta sampai Rp 30 juta,” katanya saat menyelenggarakan Tarawih Keliling di Masjid Baitussalam desa setempat, Jumat (24/6/2016).

Bupati mengapresiasi masyarakat setempat yang telah berkontribusi dalam membangun Purbalingga melalui berbagai kegiatan keagamaan. Dirinya berharap, kesemarakan masjid tidak hanya karena kedatangan Bupati saja, tetapi tetap ramai untuk masa-masa selanjutnya. “Dengan memakmurkan masjid, berarti anda seudah berkontribusi mewujudkan Purbalingga yang ahlakul karimah,” katanya.

Seperti diketahui, dalam upaya mewujudkan visi membangun masyarakat Purbalingga yang ahklakul karimah, berbagai program telah dan akan dilaksanakan pemerintahan Tasdi – Dyah Hayuning Pratiwi. Diantaranya melanjutkan program yang telah dilaksanakan Bupati-Bupati terdahulu seperti istiqosah, pengajian, tarling dan lainnya. Saat ini, bupati bahkan memprogramkan Gerakan Subuh Berjamaah Keliling yang dilaksanakan sebulan sekali di tiap kecamatan. Pada masa pemerintahanya, juga akan dibangun Purbalingga Islamic Centre yang digadang-gadang menjadi pusat kegiatan islam di Purbalingga sekaligus menjadi destinasi baru wisata religi.

“Kemarin saya mengajak seluruh kepala SKPD untuk melaksanakan subuh berjamaah di Masjid Agung Daarussalam. Harapanya para pejabat mampu menggerakan masyarakat untuk menggiatkan gerakan subuh berjamaah,” katanya.

Sejauh ini, Bupti Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi telah melaksanakan Tarawih Keliling masing-masing sebanyak delapan putaran. Agenda tarling yang bergulir mulai Rabu (8/5) masih menyisakan satu putaran lagi. Pada tarling putaran ke 9, Senin (27/6), Tim Bupati akan melaksanakan tarling di Masjid Al Chasanah desa Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah dan Wakil Bupati di Desa  Toyareja Kecamatan Purbalingga. (Hardiyanto)