Home Kabupaten Purbalingga Tekan Angka Kecelakaan, Polres Purbalingga Gelar Apel Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Tekan Angka Kecelakaan, Polres Purbalingga Gelar Apel Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

891
0
Apel Besar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, bertempat di Alun-Purbalingga tepatnya di jalan depan Pendopo Kabupaten, pada Minggu pagi (11/3).

PurbalinggaNews – Kapolres Purbalingga AKBP Nugroho Agus Setiawan, S. IK, MH. mengatakan, di tahun 2017, angka kecelakaan di Kabupaten Purbalingga meningkat 23%. Hal tersebut disampaikannya pada saat memberi sambutan dalam kegiatan Apel Besar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, bertempat di Alun-Purbalingga tepatnya di jalan depan Pendopo Kabupaten, pada Minggu pagi (11/3).

“Berdasarkan data dari Polda Jawa Tengah, pada tahun 2017 terjadi peningkatan angka kecelakaan di Kabupaten Purbalingga sebanyak 23%. 90% diantaranya disebabkan karena human error (kelalaian pengendara)” kata Nugroho.

Nugroho menambahkan, acara yang diadakan di seluruh Kabupaten di Jawa Tengah tersebut bertujuan untuk mengajak para elemen masyarakat khususnya para pelajar dan klub motor di Kabupaten Purbalingga agar menjadi pelopor keselamatan berkendara sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Peningkatan kecelakaan yg terjadi di Kabupaten Purbalingga rata-rata dialami oleh para pelajar. Oleh karena itu saya harap para adik-adik pelajar dan juga klub motor yang ada di Purbalingga untuk dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara” kata Nugroho.

Apel tersebut dihadiri oleh Kapolres Purbalingga AKBP Nugroho Agus Setiawan, S. IK, MH., Komandan Kodim (Dandim) 0702/Purbalingga Letkol. Inf. Andi Bagus Dian Arika, Assisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Agus Winarno, MSi mewakili Bupati Purbalingga, Kepala Kemenag Kabupaten Purbalingga Karsono, Kepala DInas Perhubungan Kabupaten Purbalingga Imam Wahyudi, Perwakilan PT. Jasa Raharja Cabang Purwokerto Muhammad Sunu W, Kasatlantas Purbalingga AKP Sukarwan, SH. MH., segenap jajaran Satlantas Polres Purbalingga, para pelajar, dan para anggota klub motor yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Acara tersebut ditandai dengan penyematan helm yg dilakukan oleh Kapolres Purbalingga, Dandim, dan Assisten Pemerintahan dan Kesra kepada pelajar dan anggota klub motor sebagai simbol pelopor keselamatan berkendara.

Turut memeriahkan acara tersebut kelompok musik tek-tek dan tari tradisional dari SMK N 2 Kaligondang dan senam maumere bersama yg diikuti oleh para tamu undangan bersama dengan seluruh peserta.

Setelah senam maumere, MC acara tersebut membakar semangat para peserta dengan jargon Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

“Pelopor Keselamatan Berlalu lintas?” kata MC.

Sontak para peserta dan tamu undangan menjawab “Stop Pelanggaran! Stop Kecelakaan! Keselamatan untuk Kemanusiaan!” kata para peserta dengan penuh semangat.

Acara tersebut diakhiri dengan touring bersama yang diikuti oleh jajaran satlantas Polres Purbalingga dan klub motor yang diawali dari Alun-alun Purbalingga dan diakhiri di Lokawisata Goa Lawa.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Agus Winarno, MSi mewakili Bupati Purbalingga, menyampaikan apresiasinya terhadap acara Apel Besar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas ini.

“Kami selaku Permerintah Kabupaten Purbalingga sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Semoga dengan kegiatan ini masyarakat Purbalingga lebih memperhatikan keselamatan dalam berkendara, karena hal tersebut tidak hanya menyangkut nyawa kita sendiri saja, tetapi juga nyawa orang lain” tegas Agus. (PI9/PI6)