Home Kabupaten Purbalingga Tilik Desa Nangkod, Plt. Bupati Kunjungi Posyandu Lansia Karangwringin.

Tilik Desa Nangkod, Plt. Bupati Kunjungi Posyandu Lansia Karangwringin.

782
0
Plt. Bupati Tiwi saat mengunjungi Posyandu Lansia Karangwringin dalam rangkaian acara Bupati Tilik Desa di Desa Nangkod Kecamatan Kejobong, Rabu (3/10).

PurbalinggaNews – Salah satu kegiatan Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM. adalah program Bupati Tilik Desa. Kali ini , dirinya tilik Desa Nangkod Kecamatan Kejobong, pada Rabu (3/10) didampingi Sekretaris Daerah Kab. Purbalingga Wahyu Kontardi, SH. beserta Asisten 1, 2 dan 3 serta sejumlah pejabat OPD lainnya. Di Nangkod, Plt. Bupati Tiwi kunjungi posyandu Lansia dusun Karangwringin setelah sebelumnya melaksanakan droping air bersih bantuan dari PDAM Purbalingga.

Saat mengunjungi  Posyandu Lansia dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kab. Purbalingga drg. Hanung Wikantono MPPM. Plt. Bupati Tiwi menerima aspirasi Ny. Supinah yang meminta agar para lansia diberikan subsidi obat-obatan karena menurutnya selama ini di Posyandu Lansia dusun Karangwringin, para lansia hanya mengikuti timbang badan dan pengecekan kesehatan saja, tanpa pernah diberikan obat-obatan. Selain subsidi obat, Plt. Bupati juga diminta berkenan memberikan fasilitas posyandu.

Menanggapi pernyataan Ny. Supinah, drg. Hanung menyampaikan bahwa pos pelayanan terpadu hanya untuk upaya pencegahan, promosi dan prefensi, bukan merupakan pusat layanan kesehatan, apabila mengalami sakit, maka diharapkan agar berobat ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan dilihat sesuai kebutuhan apabila butuh rawatan, maka dirujuk dengan standard yang sudah ditentukan.

“Posyandu hanya memberikan subsidi vitamin, namun bisa dimungkinkan  kebutuhan lain akan dicukupi dengan Bantuan Operasional Kesehatan termasuk kecukupan fasilitas di Posyandu lansia ini melalui Puskesmas Kecamatan Kejobong,” kata dgr. Hanung.

drg. Hanung berharap para lansia tetap semangat untuk datang rutin ke Posyandu  memeriksakan kesehatannya dan apabila ditemui ada gangguan kesehatan, maka mintalah rujukan pengobatan ke Puskesmas sesuai kebutuhan.

Sebelum meninggalkan posyandu lansia , Plt. Bupati Tiwi berpesan agar para lansia tetap harus menjaga asupan makannya sebab pada umumnya orang yang telah lanjut usia banyak berpantang makan makanan tertentu karena memang sudah tidak sesuai dengan pencernaannya. Berikutnya rutin kontrol ke dokter /pusat layanan kesehatan untuk mengecek kondisi kesehatannya, karena menurutnya lebih baik mencegah daripada mengobati.

“Walaupun sudah sepuh, upayakan tetap berolahraga, walaupun hanya olahraga ringan yang penting ada gerakan badannya, dan bapak-ibu juga harus istirahat yang cukup. Mudah-mudahan dengan melaksanakan itu semua, bapak-ibu akan senantiasa terjaga kesehatannya,” kata Plt. Bupati Tiwi (t/humas)