Home Kabupaten Purbalingga Tingkatkan Partisipasi Kaum Wanita, PKK dan KPU Gelar Sosialisasi Pilgub

Tingkatkan Partisipasi Kaum Wanita, PKK dan KPU Gelar Sosialisasi Pilgub

735
0
Annas Sumarjo memberikan sambutan mewakili Ketua TP-PKK Kabupaten Purbalingga Erni Tasdi pada acara sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di Gedung Graha Srikandi, Selasa (20/3).

PurbalinggaNews – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Komisi Pemilihan Umum Kabupaten purbalingga mengadakan sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah Tahun 2018. Kegiatan yang digelar di Gedung Graha Srikandi Komplek Pendapa Dipokusumo Purbalingga tersebut, dihadiri kurang lebih 100 orang perwakilan organisasi wanita yang ada di Purbalingga, Selasa (20/03).

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya kaum wanita tentang pelaksanaan Pilgub 2018,” kata Annas Sumarjo mewakili Ketua TP-PKK Kabupaten Purbalingga, Erni Tasdi.

Annas berharap kaum wanita di Kabupaten Purbalingga dapat berperan aktif dan menjadi pemilih yang cerdas dalam Pilgub yang diadakan tahun ini. ”Peserta yang hadir dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula disekitar rumahnya. Bisa keluarga, kerabat maupun tetangga,” tuturnya.

BACA JUGA   Inginkan dana Desa Cepat Cair, Pemdes Harus terapkan OM SPAN

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Sri Wahyuni sebagai narasumber mengatakan kegiatan sosialiasi sangat diperlukan mendekati Pilgub Jateng 2018. “Kami akan terus menggalakkan sosialisasi seperti ini, terutama di daerah terpencil yang agar sadar dan mau menggunakan hak pilihnya. Daftar pemilih sementara yaitu 740.314 dengan jumlah perempuan 368.284 dan 372.030 laki-laki,” katanya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat KPU juga akan memetakan daerah-daerah yang tercatat golputnya masih tinggi berdasarkan data pemilu sebelumnya. “Kita harus mengubah pemikiran (mindset) yang menganggap pemilu kurang penting dan tidak berdampak banyak bagi kehidupan. Pengetahuan tentang pemilu penting agar terwujud pemimpin yang berkualitas, professional, jujur, anti korupsi, amanah, pro rakyat, kompeten, kredibel, dan adil,” katanya.

BACA JUGA   Pejabat Baru Plt. Kepala DPMPTSP Diminta Didukung Seluruh Jajaran

Tambahnya, informasi tentang pemilu, masyarakat dapat membuka situs KPU Purbalingga di www.kpud-purbalinggakab.go.id.

Diketahui, tahun 2018 merupakan tahun pemilihan serentak. Ada 171 daerah yang akan menyelenggarakan pemilu yang terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten. Provinsi Jawa Tengah sendiri akan melaksanakan Pilgub Jateng pada 27 Juni 2018  dan ada 7 Kab/Kota Pilbup dan Pilwakot, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Temanggung, Kab. Kudus, Kabupaten Tegal, Kabupaten Karanganyar, Magelang dan Kota Tegal. (PI-6)