Home Info 5 Tips Hemat di Bulan Puasa untuk Istri Cerdas

5 Tips Hemat di Bulan Puasa untuk Istri Cerdas

947
0
Cabai Merah

PurbalinggaNews – Ramadan tiba, bulan dimana umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa. Bulan dimana para istri harus cerdas dalam mengelola keuangan keluarga?.

Terkadang kita beranggapan bulan puasa pasti dapat mengurangi pengeluaran keluarga karena porsi makan kita berkurang. Namun, kenyataannya pengurangan bertambah, melonjak sampai inflasi?. Ternyata menurut kebanyakan orang, bulan puasa banyak pengeluaran yang terduga. Untuk silaturahmi, untuk makan diluar, buka bersama, membeli baju baru sampai membuat hidangan dan kue lebaran. Nah, berikut ada 5 Tips Hemat di Bulan Puasa untuk para istri, sebagai berikut:

1. Buat daftar belanja satu bulan

Coba Buat daftar belanja setiap hari selama satu bulan sekaligus menu untuk sahur maupun berbuka puasa. Dengan begitu belanja kita jelas dan sesuai target sehingga terhindar dari prilaku boros.

2. Batasi makan di luar maupun buka bersama

Di bulan puasa terutama saat buka, seringlah berbuka bersama keluarga di rumah. Hal ini juga menambah keharmonisan keluarga, sekali kali bolehlah bersama suami dan anak yang penting dibatasi. Selain itu, bakal banyak ajakan juga buat buka bersama ?

3. Jika keluarga kecil, belilah makanan jadi

Membeli makanan jadi untuk sahur maupun berbuka akan lebih praktis. Namun, jangan lupa pilih penjual makanan yang juga memperhatikan kebersihan. Biar lebih hemat, kamu juga bisa membeli lauk-pauk dan sayur-mayur saja.

4. Belanjalah sesuai budget, bedasarkan kebutuhan bukan keinginan semata

Bulan puasa pasti banyak diskon menggoda apalagi menjelang lebaran. Istri cerdas harus mampu memilah yang mana kebutuhan yang mana godaan?. Jangan sampai muncul pribahasa “Besar Pasak daripada Tiang”. Secukupnya saja, tak usah panas liat diskon besar besaran?

5. Buat kue lebaran sendiri

Nah, Istri cerdas biasanya juga memiliki keahlian khusus. Salah satunya membuat kue. Membuat kue lebaran sendiri tentunya dapat menghemat pengeluaran, ya kan?

Ya, itulah 5 Tips Hemat di Bulan Puasa. Semoga bermanfaat. (PBGNEWS)