Home Uncategorized TMMD Sengkuyung III Sambung Akses Jalan Baru Tegalpingen – Tumanggal

TMMD Sengkuyung III Sambung Akses Jalan Baru Tegalpingen – Tumanggal

26
0
Pengecekan jalan baru hasil TMMD

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menutup secara resmi TMMD Sengkuyung III tahun 2021, Kamis (14/11) di Pendapa Dipokusumo.

Penutupan TMMD Sengkuyung III ditandai dengan penandatanganan berita acara dan prasasti. Selesainya TMMD Sengkuyung III yang dilaksanakan mulai 15 September 2021 telah menyambung jalan baru antar dua desa Tegalpingen dengan Tumanggal Kecamatan Pengadegan.

“TMMD Sengkuyung III mampu membuka akses jalan baru antara Desa Tegalpingen dengan Desa Tumanggal yang separohnya telah dibangun melalui TMMD Reguler  ke 110. Tentu ini menjadi manfaat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Tiwi usai penutupan.

Dandim 0702 Purbalingga melalui laporan Perwira Proyek Lettu Inf Muhammad Iskandar mengatakan TMMD kali ini dilaksanakan pembangunan fisik berupa pembukaan akses jalan baru sepanjang 1,4 kilometer dengan lebar 9 meter dan makadam 5 meter.

Pembangunan jalan tersebut juga di dalamnya terdiri dari pembangunan 2 unit jembatan dengan panjang 7 meter, dan 2 gorong-gorong. Menurutnya, pembangunan jalan ini disamping memberi manfaat bagi masyarakat juga memberi manfaat bagi kemiliteran.

Disamping pembangunan jalan, juga ada tambahan pembangunan fisik berupa pemugaran 2 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Tegalpingen yang didanai oleh PMI Purbalingga dan BPR Artha Perwira.

Usai penutupan di Purbalingga, dilanjutkan dengan peninjauan dan peresmian hasil proyek yang dilakukan Asisten Pemerintahan dan Kesra R. Imam Wahyudi mewakili Bupati bersama Dandim 0702 Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas dan unsur forkopimda lainnya.

Seperti diketahui tahun 2021 kegiatan TMMD dilaksanakan tiga kali. Pertama, pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 Tahun 2021 di Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan pada 2 – 31 Maret. Saat itu pembangunan fisik difokuskan pada pembangunan jalan baru menghubungkan Desa Tumanggal dengan Desa Tegalpingen.

Kemudian pada medio Juni, dilaksanakan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar. TMMD Sengkuyung II difokuskan untuk membangun pipanisasi dalam rangka mendukung ketersediaan air bersih khususnya di Desa Ponjen dan umumnya di Kecamatan Karanganyar.  Sebabnya, salah satu permasalahan di Kecamatan Karanganyar ini adalah terkait dengan air bersih.

Program TMMD ini dilaksanakan dengan cara gotong royong antara TNI dengan warga masyarakat sekitar. Hasilnya,  pemasangan pipa dari mata air ke pemukiman di desa Ponjen sepanjang 1,5 kilometer dapat terealisasi.

Sedangkan TMMD Sengkuyung III dilaksanakan 15 September sampai 14 Oktober 2021di Desa Tegalpingen. (Hr/humaspurbalingga)