Home Kabupaten Purbalingga Usia Tua Tak Halangi Para Lansia Mengikuti Kegiatan TMMD

Usia Tua Tak Halangi Para Lansia Mengikuti Kegiatan TMMD

668
0
Wiryono (80) saat mengikuti kegiatan TMMD Purbalingga.

PurbalinggaNews – Usia senja identik dengan kelemahan fisik serta koordinasi yang menurun. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Baniah (75), warga Rt 06/05 Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu yang masih tampak sehat dan bugar. Hal itu terlihat pada saat kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ketika membangun dan merawat parit makadam sepanjang 1.975 m.

Baniah mengatakan, dirinya terbiasa pergi ke ladang serta ke kebun setiap hari. Hal tersebut menurutnya yang membuat fisiknya masih prima sehingga bisa ikut andil dalam kegiatan TMMD di Desanya. Dia menambahkan, TMMD yang dipusatkan di Desanya sangat bermanfaat karena baik kegiatan fisik maupun non fisik mampu menggerakan semua warga untuk keluar rumah bergotong royong menyukseskan kegiatan itu.

BACA JUGA   Jadi Souvenir, Patung Jenderal Soedirman Diborong Bupati

“Saya kangen dengan kegiatan semacam ini. Guyub rukun antar warga yang sudah mulai hilang mulai terlihat lagi dengan adanya kegiatan dari pak tentara ini,” kata Baniah.

Tak hanya Baniah, Wiryono yang berusia lebih lanjut yaitu 80 tahun pun tak mau kalah. Dia menuturkan, ingin memberi contoh kepada generasi muda agar mau bergerak bersosialisasi membantu warga masyarakat. Dia merasa prihatin dengan peralihan zaman yang membuat para generasi muda enggan untuk bergotong royong dan cenderung individualis.

“Saya ingin memberi contoh kepada para generasi muda. Para pemuda sekarang hanya ongkang-ongkang bersenang-senang tidak mau bersosialisasi,” ujarnya.

Dan SSK TMMD, Kapten Cba. Agus Sukendar yang menjumpai dua orang lansia tersebut menjelaskan, dirinya salut kepada dua orang tersebut. Di usianya, seharusnya mereka sedang menikmati hidup dengan bercengkerama bersama anak cucu. Namun, semangat yang mengingatkannya kepada perjuangan masa koloniallah yang membuat mereka mau turun bergotong royong.

BACA JUGA   Kunjungan Kerja Komisi Daerah Lansia Kabupaten Wonosobo

“Saya bertanya kepada mereka, ternyata mereka flashback dengan masa perjuangan dulu. Mereka teringat pada zaman penjajahan yang mengharuskan mereka bekerja keras,” pungkas lelaki yang akrab disapa Agus itu. (PI-8)