Home Kabupaten Purbalingga Yayasan Harumis Gelar Khitan Bareng

Yayasan Harumis Gelar Khitan Bareng

889
0
91 anak dari berbagai wilayah kecamatan se Kabupaten Purbalingga mengikuti sunatan massal yang digelar Yayasan Harumis di kompleks Masjid Nur Kamila Kelurahan Bojong, Purbalingga, Ahad (16/9).

PurbalinggaNews –  Yayasan Harumis bekerja sama dengan RS Harapan Ibu meggelar kegiatan Khitan Bareng di kompleks Masjid  Nur Kamila Kelurahan Bojong, Purbalingga, Ahad (16/9). Kegiatan tersebut diikuti oleh 91 anak dari berbagai wilayah kecamatan se Kabupaten Purbalingga. Tema yang diambil  menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriyah dengan tetap solid dalam ketaqwaan kepada Allah SWT bersatu dalam menghadapi rongrongan terhadap Islam.

Ketua Penyelenggaran khitanan bareng, Suwandi mengatakan kegiatan khitanan bertujuan untuk mensiarkan Islam dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriyah. Kalau tahun Masehi baru biasanya dirayakan dengan pesta pora dan gegap gempita, pada perayaan tahun baru Islam kita rayakan dengan berbagai terhadap sesama, yakni dengan meggelar khitanan bareng.

BACA JUGA   kliping media dinkominfo purbalingga 19 maret 2019

“Peserta khitanan bareng merupakan wujud partispasi kami untuk sedikit meringankan beban saudara-saudara muslim yang kurang mampu, sehingga bisa melaksanakan khitan bagi putranya. Walaupun dalam prakteknya tidak kita batasi dari keluarga mana, namun sebagian besar berasal dari orang yang kurang mampu,” ujarnya

Selain khitan bareng, lanjt Suwandi peserta juga diberikan bingkisan berupa, peci, baju koko, sarung, celana dalam, sandal serta uang saku sebesar Rp 75 ribu. Selain itu peserta diberikan snack dan makan pagi, dan obat-obatan seta diantar ke tempat tinggalnya. Peserta bukan hanyan berasal dari Kecamatan Purbalingga saja namun ada yang datang dari Kertanegara, Kutasari, Bojongsari dan Kejobong.

”Pada saat khitanan kami dibantu oleh 9 dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Purbalingga, dimana ada yang menggunakan khitan laser maupun khitan manual. Satu dokter akan menangani 11 anak sehingga diperkirakan sebelum Dzuhur diperikrakan sudah selesai,” katanya.

BACA JUGA   Puskesmas Kaligondang Luncurkan Program Kolang Kaling Buatan Remaja Pustaka

Bambang (53 th) salah seorang warga Kecamatan Purbalingga yang keponakannya mengikuti khitanan bareng mengatakan sangat berterimakasih adanya kegiatan tersebut. Setidaknya khitanan bareng dapat membantu keponakannya bisa khitan secara gratis, dan berharap agar kegiatan tersebut bisa dilaksanakan berkesinambungan.

“ Saya dari jam 6 pagi sudah ngantri untuk pelaksanana khitanan, dan Alhamdulillah khitanan berjalan dengan lancar. Semoga nantinya anak ini menjadi anak yang soleh dan berguna bagi nusa dan bangsa terutama bagi agama Islam,” katanya. (PI-2)