Home News Ekonomi Yuk, Datang ke Sidakangen Ngartun!

Yuk, Datang ke Sidakangen Ngartun!

1118
0
Seorang anak dari Desa Sidakangen saat mengunjungi pameran lukisan pada pembukaan event Sidakangen Ngartun.

PurbalinggaNews –  Pameran kartun bertajuk “Sidakangen Ngartun”  dibuka di Balai Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah Sabtu malam, (4/8/2018 ). Sidakangen Ngartun merupakan pameran kartun karya kartunis asli dari Desa Sidakangen, bernama Tommy Thomdean yang karyanya telah menjuarai berbagai kompetisi nasional hingga internasional. ”Pameran dibuka dari hari ini (4/8) sampai 31 Agustus nanti,Ada 17 karya yang dipamerkan dan sebagian penggalan komik berjudul Komando Rajawali yang sudah diterbitkan di Jepang,” kata Saptono selaku ketua karangtaruna.

Tambahnya, juga akan diadakan pelatihan menggambar yang diadakan di Sekolah Dasar (SD) disekiar desa. “Tanggal 12 Agustus nanti ada  lomba menggambar untuk anak TK dan SD, untuk  informasi dapat dilihat di media sosial instagram @sidakangenngartun dan pendaftaran dapat menghubungi 085222978501,” kata Saptono.

BACA JUGA   Wabup Ajak Masyarakat Peduli Masalah Sosial

Tommy Thomdean, kartunis sekaligus penggagas Sidakangen Ngartun mengatakan acara bentuk partisipasi dirinya untuk berkontribusi di desa dimana ia lahir dan dibesarkan. Selain itu ia ingin menginspirasi anak anak di desanya. “Saya dan Gita (adik Tommy) ingin anak-anak di desa lebih kreatif dan mulai berkreasi. Sekaligus, menginfokan kepada masyarakat desa ini lho profesi bukan hanya guru, dokter, maupun insinyur tapi ada yang lain, pembuat kartun juga bisa,” ungkap Tommy, yang merupakan lulusan dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Selain Pameran dan lomba, Sidakangen Ngartun juga  ada kegiatan Nyengget Pohon Ilmu dan Kuliner Jajan Pasar,”Jadi selain lomba menggambar, pada tanggal yang sama juga ada kegiatan Nyengget pohon dimana disediakan  5 pohon yang menggambarkan Pancasila, dipohon itu akan digantung buku-buku, masyarakat boleh menggambilnya (nyengget),” imbuh Tommy.

BACA JUGA   Wujudkan Keterbukaan Informasi, SID Harus Libatkan Masyarakat

Tommy mengatakan Sidakangen Ngartun akan diadakan setiap tahun dan ia berharap bisa selalu berkembang. “Ini pertama kalinya digelar, masih event desa namun kami optimis dapat berkembang. Apalagi akan ada bandara, jadi nantinya dapat menjadi salah satu objek pilihan wisata  saat wisatawan datang ke Purbalingga,” pungkasnya. (PI6/PI9)